Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alert! 5 Provinsi di Jawa Catat Peningkatan Tertinggi Covid-19

Peningkatan kasus Covid-19 tertinggi terjadi di daerah yang menjadi tujuan mudik.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 15 Juni 2021  |  16:27 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito  -  www.covid19.go.id
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito - www.covid19.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa lonjakan tertinggi kasus Covid-19 pada pekan ini atau per 14 Juni 2021 terjadi di lima provinsi yang seluruhnya berada di Pulau Jawa.

"Lima provinsi teratas yang mengalami kenaikan kasus seluruhnya berasal dari Pulau Jawa yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Bahkan provinsi keenam teratas juga berasal dari pulau Jawa yaitu provinsi Banten, yaitu kenaikan kasus lebih dari 400 hingga 7.000 kasus di minggu ini," kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/6/2021).

Menurutnya, peningkatan kasus tersebut terjadi di daerah yang menjadi tujuan mudik seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, dan Jawa Barat dengan asal pemudik dari daerah DKI Jakarta.

Adapun, perincian peningkatan kasus di lima provinsi tersebut adalah 7.132 kasus di DKI Jakarta, Jawa Tengah 4.426, Jawa Barat 2.050, dan Yogyakarta 973 kasus.

Melihat kondisi yang terus mengkhawatirkan itu, Wiku mengajak masyarakat dan pemerintah daerah untuk lebih berhati-hati dan segera menetapkan strategi pengendalian kasus yang sesuai dengan kondisi dan kapasitas masing-masing daerah.

Secara khusus, dia meminta masyarakat membatasi mobilitas dan menaati protokol kesehatan.

Kendati ada peningkatan kasus di lima provinsi di atas, data Satgas juga menunjukkan ada 22 provinsi yang mengalami penurunan kasus positif mingguan Covid-19 pada pekan ini.

Beberapa provinsi tersebut adalah Kalimantan Selatan, Sumatra Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kep. Bangka Belitung, dan Riau.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa Mudik Lebaran Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top