Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE 2021

THE World University Rankings adalah satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif pada semua misi inti perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan.
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) bertengger di posisi pertama pada deretan universitas terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE).

Mengutip Asia University Rankings, Lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia THE 2021, Rabu (9/6/2021), ada sembilan universitas terbaik di Indonesia.

Di lima besar, pertama Universitas Indonesia (UI). Kemudian, Institut Teknologi Bandung (TB), Universitas Gadjah Mada (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Selanjutnya, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Telkom.

Dalam menentukan pemeringkatan ini, THE melihat dari data yang mencakup 551 universitas dari 30 wilayah.

THE World University Rankings adalah satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif pada semua misi inti perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang.

THE Asia University Rankings 2021 menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE World University Rankings, dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin universitas, industri, dan pemerintah.

Indikator kinerja THE Asia University Rangkings 2021 dikelompokkan menjadi lima bidang: pengajaran, riset, sitasi, outlook internasional dari riset staf dan pelajar, dan pendapatan dari industri transfer keilmuan.

Pada indikator Industry Income, UI memperoleh skor tertinggi dari 4 indikator lainnya. Jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia, UI juga menempati peringkat pertama se-Indonesia. Selain itu, skor UI pada indikator International Outlook, Research, dan Teaching menjadi yang paling unggul di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper