Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Ledakan Covid-19, Satgas Minta Pemda Lakukan 5 Jurus Ini

Upaya pengendalian Covid-19 tidak perlu menunggu kondisi Covid-19 tidak terkendali untuk melakukan antisipasi.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  16:16 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 meminta daerah dengan lonjakan kasus rendah melakukan sejumlah antisipasi peningkatan jumlah pasien Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah daerah perlu melakukan antisipasi untuk menekan kenaikan kasus Covid-19 terlebih pada daerah dengan angka kasus yang tidak terlalu tinggi.

“Pertama mengintensifkan peran posko dan PPKM Mikro sebagai garda terpenting pengendalian Covid-19 di masyarakat termasuk melakukan penelusuran kasus sedini mungkin dan seluas mungkin,” kata Wiku saat konferensi pers virtual, Rabu (9/6/2021).

Kedua, Pemda diminta mencegah penularan di tingkat keluarga sebagai lapisan utama pencegahan penularan Covid-19. Upaya ini dilakukan dengan penegakan protokol kesehatan dan vaksinasi pada populasi rentan.

Ketiga, mencegah penularan di komunitas berupa pemantauan kegiatan ekonomi, isolasi dan kemasyarakatan secara aktif aman dan tegas. Langkah ini diikuti pelaksanaan vaksinasi khususnya pada populasi kunci atau produktif.

Keempat, melakukan manajemen karantina terpusat untuk meminimalisir peluang penyebaran virus dengan memastikan bahwa fasilitas karantina terpusat dimiliki daerah dan penerapan prokes yang ketat.

“Kelima, melakukan konversi tempat tidur rumah sakit,” ujarnya.

Wiku menuturkan bahwa upaya pengendalian Covid-19 tidak perlu menunggu kondisi Covid-19 tidak terkendali untuk melakukan antisipasi. Pasalnya, upaya preventif perlu diutamakan dibandingkan dengan kuratif.

Lebih lanjut, antisipasi dinilai akan lebih efektif dan efisien serta mengurangi kerugian material termasuk nyawa manusia untuk mencegah perluasan pandemi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemda Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top