Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masih Tunggu Keputusan soal Ibadah Haji, India: Tergantung Arab Saudi

Arab Saudi hanya mengizinkan 60.000 jemaah haji tahun ini dengan 15.000 dialokasikan untuk jemaah domestik, sedangkan 45.000 jemaah dari berbagai belahan dunia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  19:35 WIB
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). - Antara\r\n
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - India menegaskan masih menanti keputusan Arab Saudi sebelum menentukan apakah memberangkatkan jemaah haji atau tidak.

Hal itu ditegaskan Menteri Persatuan untuk urusan minoritas India Mukhtar Abbas Naqvi. Dia  mengatakan, Perdana Menteri Narendra Modi memastikan bahwa India akan mendukung keputusan pemerintah Saudi.

"Haji akan tergantung pada keputusan pemerintah Arab Saudi. PM Narendra Modi mengatakan India akan mendukung pemerintah Saudi dalam keputusan mereka. Tahun lalu haji dibatalkan. Tahun ini belum ada yang diputuskan," kata Naqvi seperti dikutip dari Hindustan Times, Selasa, (8/6/2021).

Pemerintah Arab Saudi tahun lalu melarang jemaah haji dari luar untuk membendung penyebaran penyakit virus Corona (Covid-19). Hanya sejumlah kecil jemaah haji domestik yang diizinkan.

Pembatasan tersebut adalah larangan pertama dalam sejarah baru-baru ini pada salah satu ibadah tahunan apa yang paling signifikan bagi umat Islam di seluruh dunia.

Arab Saudi hanya mengizinkan 60.000 jemaah haji tahun ini agar prosedur kesehatan dapat dijalankan dengan ketat. Dari jumlah tersebut, 15.000 dialokasikan untuk jemaah domestik sementara 45.000 sisanya bagi jemaah dari berbagai belahan dunia. Namun belum ada keputusan soal kuota dan negara mana saja yang diizinkan mengirim jemaah haji.

Namun beberapa negara sudah mengambil keputusan lebih cepat untuk tidak memberangkatkan jemaah haji seperti Indonesia dan Singapura.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi Ibadah Haji

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top