Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hoax Covid-19: Dari Tank Cegat Pemudik Hingga Iring-Iringan Jokowi Mudik

Beragam hoax dan disinformasi masih terjadi terkait penanggulangan Covid di Indonesia. Belakangan hoax dan disinformasi terkait dengan mudil lebaran 2021.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 09 Mei 2021  |  17:01 WIB
Disinformasi iring-iringan Presiden Jokowi pulang kampung. Bagaimana fakta yang sebenarnya? Silakan baca berita ini seluruhnya. - Kominfo
Disinformasi iring-iringan Presiden Jokowi pulang kampung. Bagaimana fakta yang sebenarnya? Silakan baca berita ini seluruhnya. - Kominfo

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah hoax terkait Covid-19 dan larangan mudik lebaran 1442 Hijriah/2021 Masehi beredar di media sosial.

Direktorat pengendalian aplikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat sejumlah hoax yang beredar pada 8 hingga 9 Mei 2021.

Adapun, hoax dimaksud adalah sebagai berikut:

1. [HOAKS] Registrasi Vaksinasi Covid-19 Usia 18-59 Tahun di RS Hermina Kemayoran Melalui Website Pedulilindungi.id 

Beredar informasi di media sosial yang mengabarkan soal pendaftaran vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Hermina Kemayoran untuk umur 18-59 tahun. Disebutkan bahwa proses vaksinasi dilakukan mulai dari jam 08.00-14.00 dengan membawa KTP dan melakukan pendaftaran melalui link pelindungilindungi.id/register.

Betulkah begitu?

Faktanya, berdasarkan koordinasi Tim JalaHoaks dengan RS Hermina Kemayoran pada 7 Mei 2021, kabar yang beredar tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

"Hoaks ya. Sampai saat ini RS Hermina Kemayoran masih melayani vaksinasi Covid-19 untuk Lansia saja," kata staf RS Hermina Kemayoran.

Melalui unggahan di laman Instagram resminya, RS Hermina Kemayoran juga menegaskan bahwa informasi pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk umum usia 18-59 tahun adalah hoaks.

2. [DISINFORMASI] TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik

Berita palsu ini beredar melalui unggahan video pada Youtube. Video tersebut memperlihatkan sebuah tank di jalanan perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Bekasi.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, suara pria dalam video menyebutkan tank tersebut digunakan untuk menyekat para pemudik yang nekat pulang.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS membantah bahwa tank tersebut digunakan untuk menyekat pemudik.

Ia menegaskan, kejadian sebenarnya dalam video tersebut adalah satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih yang sedang melaksanakan Latihan Taktis Tingkat Rai TW II TA.2021.

Kegiatan latihan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 6 Mei 2021 oleh Satuan Yonarmed-7/105 GS/Biringgalih. Lokasi latihan bertempat di Tanah Lapangan bekas Pabrik Kecap di Jalan Raya Narogong
Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

3. [DISINFORMASI] Foto Erick Thohir Tidak Menggunakan Masker di Kerumunan

Informasi menyesatkan lainnya beredar berupa foto di sosial media Facebook. Foto tersebut memperlihatkan Menteri BUMN Erick Thohir tidak Menggunakan masker saat berada di kerumunan.

Dalam foto tersebut Erick Thohir terlihat sedang diwawancara oleh para wartawan.

"Dikutip dari cek fakta medcom.id, klaim bahwa Menteri BUMN Erick Thohir tidak menggunakan masker di kerumunan adalah keliru," ujar Kominfo dalam pernyataannya, dikutip Minggu (9/5/2021).

Faktanya, foto tersebut diambil sebelum adanya anjuran dari WHO dan pemerintah mengenai kewajiban memakai masker di ruang publik. Foto tersebut diambil pada tanggal 11 Maret 2020 saat awal masuknya Covid-19 di Indonesia.

Saat itu Erick Thohir sedang meninjau kesiapan Bandara Soekarno Hatta dalam upaya pencegahan Covid-19 masuk ke Indonesia dari luar negeri.

Kewajiban memakai masker mulai berlaku pada 5 April 2020 sesuai anjuran dari WHO.

4. [DISINFORMASI] Video Iring-Iringan Presiden Jokowi Pulang Kampung

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan iring-ringan kendaraan rombongan Presiden Joko Widodo disertai narasi "Rakyat nya dlarang pulang kampung... diri nya pulang kampung . rezim yg selalu memberi contoh yg tdk baik????????".

Video tersebut di nggah pada Sabtu, 8 Mei 2021.

Setelah ditelusuri, klaim yang menyebutkan Presiden Jokowi pulang kampung saat mudik lebaran 2021 adalah tidak benar.

Faktanya, video tersebut adalah iring-iringan rombongan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Surabaya.

"Dilansir liputan6.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis, 6 Mei 2021 kemarin. Presiden diagendakan menuju Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong yang terletak
di Kabupaten Lamongan," ujar Kominfo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kominfo militer Presiden Joko Widodo hoax Covid-19 Larangan Mudik

Sumber : Kominfo

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top