Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tidak Mudik, Cara Terbaik Melindungi Keluarga dari Corona

Data Satgas Covid-19 menunjukan kenaikan mobilitas masyarakat membuat kenaikan kasus aktif.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 01 Mei 2021  |  06:59 WIB
Polisi melakukan penyekatan kendaraan guna membatasi pergerakan masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman menjelang Idulfitri.  - Antara
Polisi melakukan penyekatan kendaraan guna membatasi pergerakan masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman menjelang Idulfitri. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Meningkatnya mobilitas masyarkaat akan berdampak pada kenaikan jumlah kasus aktif. Oleh karena Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mengingatkan masyarakat mengambil keputusan bijak dalam menyambut libur lebaran Idulfitri tahun ini karena Indonesia masih dalam masa pandemi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memaparkan data keterkaitan mobilitas dan peningkatan kasus pada 3 provinsi selama 4 bulan terakhir, atau periode 1 Januari - 12 April 2021. Ketiga provinsi itu ialah Riau, Jambi dan Lampung.

"Ketiga provinsi ini menunjukkan tren peningkatan mobilitas penduduk ke pusat perbelanjaan, yang beriringan dengan tren peningkatan jumlah kasus aktif," Wiku memberi keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (29/4/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lebih rincinya, di Provinsi Riau menunjukkan kenaikan mobilitas penduduk sebesar 7 persen, diriingi kenaikan kasus aktif mingguan sebesar 71 persen. Di Jambi, kenaikan mobilitas penduduk sebesar 23 persen diiringi kenaikan kasus aktif mingguan 14 persen. Di Lampung, kenaikan mobilitas mencapai 33 persen, dan diiringi kenaikan jumlah kasus aktif mingguan sebesar 14 persen.

Tradisi mudik telah lama menjadi cara menunjukkan kasih sayang kepada keluarga di kampung halaman. Namun, cara ini bukanlah satu-satunya. Pasalnya di tengah situasi pandemi, cara bijaksana menunjukkan kasih sayang adalah dengan melindungi sanak saudara, utamanya yang berusia lanjut dari risiko tertular Covid-19 dengan menjaga jarak secara fisik.

"Sekali lagi, Satgas sangat memahami keputusan untuk tidak mudik adalah keputusan yang berat. Tetapi Satgas optimis masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cukup dewasa dan mampu mengambil keputusan terbaik, untuk sama-sama melindungi keluarga dan orang-orang di sekitar kita," pesan Wiku.

 #satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top