Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usai Viral Lukis Masker di Wajah, Dua WNA Ini Akan Segera Dideportasi

Orang asing yang tidak mematuhi atau tidak menghormati UU di Indonesia bisa dikenai sanksi imigrasi berupa tindakan pendeportasian atau ditentukan hanya bisa berada di satu tempat. 
Luh Putu Sugiari
Luh Putu Sugiari - Bisnis.com 30 April 2021  |  13:47 WIB
WNA yang menggunakan lukisan masker untuk mengelabui satpam di Bali akan segera dideportasi. Foto WNA dengan lukisan masker ini beredar di Instagram seperti diunggah akun niluhdjelantik.
WNA yang menggunakan lukisan masker untuk mengelabui satpam di Bali akan segera dideportasi. Foto WNA dengan lukisan masker ini beredar di Instagram seperti diunggah akun niluhdjelantik.

Bisnis.com, DENPASAR - Warga Negara Taiwan Lin Chi Chen alias Joshua, 32, dan rekannya Leia Se, 25, asal Rusia akan segera dideportasi dari Bali. 

Keduanya sempat viral setelah membuat video melukis masker pada wajah untuk mengelabui Satpam di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah Badung, Bali.  

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan kedua WNA tersebut saat ini dititipkan di Ruang Detensi Imigrasi Kelas I Ngurah Rai. Mereka dititipkan di sana sembari menunggu jadwal pendeportasian ke negara asalnya.

Namun sebelum itu, mereka akan menjalani tes kesehatan, karena saat pendeportasian dengan pesawat harus dinyatakan negatif Covid-19

"Jadi tinggal menunggu kapan bisa berangkat, karena menyangkut penerbangan ke negara asalnya. Apakah segera ada, kami harap bisa tersedia secepat mungkin," kata Jamaruli dalam rekaman video wawancara, Jumat, (30/4/2021).

Menurutnya, keduanya telah melanggar Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 10 tahun 2021 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan Corona Virus Disease dalam Tatanan Kehidupan Era Baru. 

Selain itu, mereka juga telah melanggar Pasal 75 Jo 71 huruf (b)  UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Pasal tersebut berbunyi, orang asing yang tidak mematuhi atau tidak menghormati UU di Indonesia bisa dikenai sanksi imigrasi berupa tindakan pendeportasian atau ditentukan hanya bisa berada di satu tempat. 

"Jadi kedua WNA ini dideportasi karena dua alasan sekaligus," tambah Jamaruli.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali deportasi Covid-19
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top