Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksin Covid-19 Novavax Diuji Lawan Virus Afrika dan Inggris, Ini Hasilnya

Vaksin ini sudah diujikan untuk melawan varian virus dari Afrika dan Inggris dengan efikasi 89 persen.
Ilustrasi/twitter.com-@adarpoonawalla
Ilustrasi/twitter.com-@adarpoonawalla

Bisnis.com, JAKARTA – Uji coba vaksin Covid-19 dari Novavax Inc. dimulai di India dengan perkiraan peluncuran pada September mendatang.

Berdasarkan keterangan CEO Serum Institute of India Adar Poonawalla vaksin sudah diuji untuk melawan virus termasuk dari varian yang beredar di Afrika dan Inggris dan memiliki efikasi sampai 89 persen.

“Covovax akhirnya diuji coba di India, vaksin ini dibuat dengan kerja sama @Novavax dan @SerumInstIndia. Vaksinnya sudah diujikan untuk melawan varian virus dari Afrika dan Inggris dengan efikasi 89 persen. Harapannya bisa diluncurkan September 2021,” tulisnya melalui Twitter @adarpoonawalla, Sabtu (27/3/2021).

Berita tersebut menjadi angin segar di saat Pemerintah India terus didesak agar segera melakukan vaksinasi pada jutaan penduduknya demi mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Gelombang kedua wabah virus Corona diperkirakan bisa berdampak besar bagi perekonomian India untuk bangkit. Hal itu termasuk akan makin sulit mencegah pemberlakukan kembali lockdown seperti tahun lalu.

Berdasarkan keterangan Pemerintah, India sudah memperlambat ekspor vaksin Covid-19. Total 57 juta dosis vaksin sudah terdaftar dan masuk ke India sampai saat ini.

Di Indonesia, vaksin Novavax rencananya baru akan tiba mulai kuartal III/2021. Pemerintah dan Novavax telah bekerja sama dan berkomitmen menyediakan 50 juta dosis vaksin dengan opsi 80 juta dosis.

Indonesia telah melaksanakan vaksinasi untuk kelompok lansia. Vaksinasi untuk umum diagendakan berlangsung pada Juli 2021.

Masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 maupun yang belum tetap diminta menerapkan protokol kesehatan.

Rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas menjadi bagian dari adaptasi kebiasaan baru.

Mari lakukan semua itu untuk memperkecil peluang tertular virus Corona penyebab Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper