Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi di Mal Ciputra Tangerang Sasar 3.000 Lansia

Kegiatan vaksinasi tersebut rencananya menyasar sekitar 3.000 lansia dengan waktu pelaksanaan selama hampir dua pekan terhitung mulai 16 Maret hingga 27 Maret 2021.
Layanan vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia umum di Istora Senayan, Jakarta Selatan. /ANTARA
Layanan vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia umum di Istora Senayan, Jakarta Selatan. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Mall Ciputra Tangerang turut menggelar vaksinasi massal untuk lansia dengan KTP Tangerang. Sebanyak 3.000 lansia diharapkan ikut berpartisipasi.

“Alhamdulillah lansia di daerah Kabupaten Tangerang ini bisa divaksin duluan, saya sangat terharu sekali dengan kegiatan vaksinasi hari ini, karena banyak lansia yang antusias datang,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengutip keterangan resmi Kemenkes, Minggu (28/3/2021).

Kegiatan vaksinasi tersebut rencananya menyasar sekitar 3.000 lansia dengan waktu pelaksanaan selama hampir dua pekan terhitung mulai 16 Maret hingga 27 Maret 2021. Adapun target harian sasaran sekitar 200-300 lansia.

Untuk itu, Kemenkes terus melakukan upaya percepatan, salah satunya dengan menambah ketersediaan vaksin bagi daerah-daerah yang mempercepat cakupan vaksinasi lansia.

Agar tidak terjadi antrean, proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui website Ciputra Hospital. Sasaran penerima vaksin juga bisa datang langsung ke lokasi vaksinasi yang terletak di Ground Floor Mall Ciputra, dengan catatan harus sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan aturan bahwa vaksinasi bagi lansia harus dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan.

Namun, karena kapasitasnya tidak mencukupi, pemerintah berupaya menghadirkan vaksinasi agar bergerak di beberapa lokasi termasuk di mal dengan harapan cakupannya lebih luas dan cepat.

“Memang tadinya kami mulai di RS dan Puskesmas, tapi setelah diukur kemampuannya tidak cukup. Jadi, kami coba di beberapa sentra-sentra seperti Istora dan sekolah. Kami berbicara dengan asosiasi mal, kenapa enggak coba di mal,” kata Budi.

Menurutnya, mal umumnya luas, mudah diakses angkutan, dan nyaman dikunjungi, sekaligus supaya bisa juga membantu kegiatan ekonomi.

Untuk membantu pelayanan vaksinasi, penyelenggara telah menyiagakan sekitar 20 orang termasuk dokter, vaksinator, dan administrasi. Juga disiapkan mini ICU dan ambulans untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi pascapenyuntikan.

Menkes mengapresiasi bantuan serta kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Ciputra tersebut.

“Alhamdulillah, ini contoh yang paling bagus di mana semua modal sosial dari komponen bangsa bisa kita rajut bersama,” kata Budi.

Dia berpesan kepada semua elemen masyarakat baik yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin untuk tidak lengah dengan terus menerapkan protokol kesehatan 3M ketat di seluruh aktivitas sehari-hari, untuk memberikan perlindungan yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper