Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkes Temukan 4 Pasien Terserang Corona B117, Begini Kondisinya

Kemenkes menemukan empat kasus baru Corona B117 di Indonesia sehingga totalnya telah mencapai enam kasus.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 08 Maret 2021  |  20:11 WIB
Petugas medis bersiap memakai alat pelindung diri untuk memeriksa pasien suspect virus Corona di ruang isolasi instalasi paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai di Dumai, Riau, Jumat, 6 Maret 2020. - Antara
Petugas medis bersiap memakai alat pelindung diri untuk memeriksa pasien suspect virus Corona di ruang isolasi instalasi paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai di Dumai, Riau, Jumat, 6 Maret 2020. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa empat pasien di Indonesia yang terpapar virus Corona B117 saat ini sudah sembuh dan dalam keadaan sehat.

Sebelumnya, pada 1 Maret 2020 terlacak dua kasus terpapar Covid-19 dengan varian B117 asal Inggris. Mereka merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri.

Kemudian, sampai hari ini kembali terdeteksi empat orang yang terpapar varian tersebut. Dengan demikian, total ada enam kasus Corona B117 yang ditemukan di Indonesia.

Juru Bicara Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan dari pelacakan keempat kasus tersebut, semuanya mengalami gejala ringan dan sedang, dan hanya isolasi terpusat di tempat isolasi. Salah satunya dirawat di RS dengan kondisi gejala ringan sedang.

“Keempat kasus saat ini sudah sehat, sampai saat ini dari pelacakan kasus belum ada keluarga atau kontak erat yang positif setelah kasus ini dinyatakan positif sebelumnya,” kata Nadia pada konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Keempat kasus yang terlacak merupakan hasil Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan bersama 16 laboratorium di seluruh Indonesia.

Adapun, keempat kasus varian B117 ini ditemukan di Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Kendati sudah sehat, masyarakat diminta berhati-hati terhadap persebaran varian Covid-19 tersebut, terutama menjelang libur panjang Isra Mi’raj dan Nyepi pada akhir pekan 12-14 Maret 2021.

“Dengan adanya tambahan kasus B117 kami harap masyarakat semakin waspada, dan mengimbau masyarakat tetap disiplin 3M [memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan], termasuk di masa liburan, serta mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian,” tegas Nadia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top