Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Covid-19 Apresiasi Posko Covid-19, Ini Peran Pentingnya

Satgas Penanganan Covid-19 menilai Posko Covid-19, yang jumlahnya mencapai 22.832 unit di seluruh Indonesia, memiliki peran penting terkait dengan penguatan PPKM mikro
Posko Covid-19 Terpadu Bantul./Antara
Posko Covid-19 Terpadu Bantul./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mengapresiasi kinerja pos komando (posko) Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia terkait dengan penguatan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro tingkat desa dan kelurahan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jumlahnya saat ini telah mencapai 22.832 posko yang terbentuk di 32 provinsi di Indonesia. Seluruh laporan posko terhadap kegiatan penanganan Covid-19 telah dikumpulkan.

"Saya berikan apresiasi seluruh provinsi yang telah berupaya mengkoordinasikan daerahnya hingga ke tingkat desa dan kelurahan, sehingga posko yang berfungsi sebagai pelaksana PPKM mikro, dapat terbentuk dan berjalan dengan baik," kata Wiku dalam siaran pers, Jumat (5/3/2021).

Dia menambahkan dari seluruh provinsi yang telah terbentuknya posko, terdapat 3 provinsi dengan jumlah posko terbanyak, yaitu berada di Jawa Barat sebanyak 6.873 posko, Jawa Tengah 6.475 posko dan Jawa Timur 4.216 posko.

Wiku menuturkan saat ini kinerja yang telah dilakukan posko adalah edukasi dan sosialisasi 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) dengan total lebih dari 1 juta laporan, pembagian masker dengan lebih dari 200.000 laporan serta penegakan disiplin ada lebih dari 130.000 laporan. Dari seluruh provinsi, Jawa Barat terbanyak melaporkan yaitu melebihi 300.000 laporan kinerja.

Diikuti Banten melebihi 200.000 laporan kinerja dan DI Yogyakarta dengan lebih dari 170.000 laporan kinerja. Dari laporan yang masuk, posko telah menegur sejumlah kegiatan masyarakat yang berisiko menimbulkan kerumunan, uaitu pesta pernikahan, kegiatan rapat, dan kegiatan keagamaan.

"Ingat, mohon dijaga semangat gotong royong dan bahu membahu dalam menjalankan PPKM mikro hingga tingkat terkecil, tidak hanya pada awal pelaksaanaan namun seterusnya hingga kasus dapat kita tekan, dan penananganan di tingkat nasional dapat membaik secara signifikan," ujarnya.

#satgasCovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper