Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Foto-foto Kerusakan Akibat Gempa 5,0 di Pulau Bacan Halmahera

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo 5,0. Episenter di darat pada jarak 12 km arah Utara Kota Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara pada kedalaman 10 km.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Februari 2021  |  09:25 WIB
Gempa Halmahera
Gempa Halmahera

Bisnis.com, JAKARTA - Pada hari Jumat, 26 Februari 2021 pukul 18.02.32 WIB Halmahera Selatan diguncang gempa.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo 5,0. Episenter di darat pada jarak 12 km arah Utara Kota Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara pada kedalaman 10 km.

Gempa Bacan magnitudo 5,0 ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar lokal dengan mekanisme pergerakan turun (normal fault). Sesar pembangkit gempa ini belum ada namanya.

Dugaan sesar pembangkit Gempa Bacan memiliki kaitaan jalur Sesar Sorong-Bacan, krn di jalur sesar mendatar biasa tdpt zona transtensional mekanisme turun (normal fault). Contoh Sesar Besar Sumatra dgn mekanisme geser tetapi ada segmen mekanisme turun spt Graben Sianok di Sumbar

Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan dampak gempa Bacan 5,0 berupa guncangan dilaporkan warga sangat kuat mencapai skala intensitas V-VI MMI di Pulau Bacan dan menimbulkan terjadinya kerusakan beberapa bangunan rumah dan melukai seorang warga. 

Wilayah Pulau Bacan memang rawan gempa, di wilayah ini beberapa kali pernah terjadi gempa kuat dan merusak pada masa lalu.

Dia memaparkan, sejarah gempa Pulau Bacan dan sekitarnya mencatat telah terjadi gempa merusak pada 27 Nov 1961 magnitudo 6,2 pada 16 April 1963 mag 7,1 pada 2 Agustus 1992 mag 6,3 dan pada 16 Juli 2019 mag 7,2 menyebabkan 4 orang meninggal, 50 orang luka-luka, sebanyak 971 bangunan rumah rusak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa BMKG
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top