Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dilantik Jokowi, Ini Program Prioritas Gubernur Sumbar, Kepri & Bengkulu

Gubernur dan Wagub Sumbar, Kepri dan Bengkulu yang baru dilantik Presiden Jokowi menyatakan bahwa penanganan Covid-19 menjadi program prioritas dalam 3 tahun masa jabatan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  12:34 WIB
Presiden Joko Widodo dalam acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu di Istana Negara, Jakarta, Kamis 25 Februari 2021  -  Youtube Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo dalam acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu di Istana Negara, Jakarta, Kamis 25 Februari 2021 - Youtube Sekretariat Presiden.

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur dan Wakil Gubernur di tiga provinsi yaitu Sumatra Barat, Kepulauan Riau dan Bengkulu resmi dilantik pada hari ini, Kamis (25/2/2021) di Istana Negara, Jakarta.

Setelah dilantik, para gubernur dan wakil gubernur itu menyatakan bahwa penanganan Covid-19 sebagai program prioritas dalam 3 tahun masa jabatan.

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi mengatakan bahwa selain penanganan pandemi, penguatan UMKM juga menjadi fokus utama pemprov Sumbar sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi daerah yang menurun akibat terdampak pandemi.

“Penguatan ekonomi masyarakat, penguatan UMKM, dan juga kemudahan mendapatkan modal usaha bagi UMKM yang ada di Sumatra Barat yang jumlahnya kurang lebih 590.000,” kata Mahyeldi usai dilantik menjadi Gubernur Sumbar di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Setali tiga uang, pemulihan ekonomi pascapandemi juga menjadi prioritas dalam masa kepemimpinan Gubernur-Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad dan Marlin Agustina.

Ansar mengatakan bahwa dalam masa kepemimpinnannya akan berfokus pada dua hal yakni penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Maka kami bersama wakil gubernur dan semua stakeholder di Kepri akan berusaja secepat mungkin melakukan usaha-usaha recovery economy pertama dengan membangun subsistem birokrasi, pelayanan birokrasi yang baik,” ujarnya.

Kemudian, Gubernur Bengkulu M. Rohidin menyampaikan bahwa konektivitas Bengkulu dengan tol Trans Sumatra akan terus dikembangkan.

Menurutnya, Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia berpotensi besar menjadi pintu masuk arus logistik ke kawasan tengah Sumatra.

Selain itu, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan komoditas unggulan dan UMKM juga akan digalakkan pemprov Bengkulu.

Sementara itu, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur di tiga provinsi itu didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 40P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepuluan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Presiden Jokowi juga memimpin secara langsung pengucapan sumpah jabatan yang diikuti oleh para Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumbar, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur ketiga provinsi itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Seperti diketahui, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang dilantik hari ini yakni Mahyeldi dan Audy Joinaldy merupakan pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Pilkada 2020 di Sumbar. Pasangan itu berhasil meraih suara terbanyak yaitu mencapai 32,43 persen.

Kemudian, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yaitu Ansar Ahmad dan Marlin Agustina diusung oleh Partai Golkar, Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pilkada 2020.

Selanjutnya, Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu yaitu Rohidin Mersyah-Rosjonsyah diusung oleh PKS, PPP, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PDI Perjuangan. Mereka berhasil meraih suara terbanyak pada Pilkada 2020 di Bengkulu yaitu 41,20 persen suara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar kepri bengkulu Covid-19 pemulihan ekonomi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top