Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Loji Gandrung, Bangunan Kuno Calon Rumah Dinas Gibran Rakabuming

Sejak era Joko Widodo (Jokowi) ayah Gibran, Wali Kota Solo selalu menempati rumdin Loji Gandrung. Rumdin untuk Wali Kota dan Wawali merupakan salah satu fasilitas dari Pemkot Solo.
Solopos.com
Solopos.com - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  14:19 WIB
PNS mengamati mobil penyapu jalan buatan Skotlandia seharga Rp1,2 miliar yang diparkir di Loji Gandrung, Solo, Rabu (3/7/2013).  - jibi
PNS mengamati mobil penyapu jalan buatan Skotlandia seharga Rp1,2 miliar yang diparkir di Loji Gandrung, Solo, Rabu (3/7/2013). - jibi

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebagai Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan menempati rumah dinas atau dikenal dengan nama Loji Gandrung selama menjabat sebagai orang nomor 1 di Kota Solo.

Berdasarkan catatan Solopos.com, sejak era Joko Widodo (Jokowi) ayah Gibran, Wali Kota Solo selalu menempati rumdin Loji Gandrung. Rumdin untuk Wali Kota dan Wawali merupakan salah satu fasilitas dari Pemkot Solo.

Rumdin untuk Wali Kota Solo Loji Gandrung terletak di pinggir Jl Slamet Riyadi, tak jauh dari Stadion R Maladi Sriwedari Solo. Sedangkan rumdin Wawali Solo terletak di pinggir Jl Yosodipuro, Ketelan, Banjarsari.

Ihwal Rumdin Loji Gandrung ada cerita menarik terkait keberadaan kamar Bung Karno. Sebab tidak semua orang dibolehkan masuk ke kamar itu. 

Menurut eks Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, tak ada yang berani tidur di kamar itu. “Kalau saya berani, tapi tidurnya di lantai. Kalau saya butuh meditasi atau berdoa ya di situ, suasananya tenang, sunyi,” katanya dikutip dari Solopos, Selasa (23/2/2021).

Selain keberadaan kamar Bung Karno, Loji Gandrung juga merupakan bangunan kuno. 

Sebelum menempati Loji Gandrung Rudy mengaku melakukan ritual keagamaan Katolik untuk membersihkan seluruh bagian rumah. Seperti misa pemberkatan ruangan, dapur, serta kamar mandi, dengan doa dari uskup.

Adapun saat ini sejumlah persiapan tengah dilakukan guna menyambut pelantikan Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka.  

Salah satu persiapan yang tengah dilakulan adalah penempatan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Loji Gandung, rumah dinas Wali Kota Solo yang nantinya akan menjadi tempat tinggal anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. 

Penempatan Paspampres menjadi perhatian serius Pemkot Solo. Sebab berdasarkan PP Nomor 59 Tahun 2013, Paspampres harus selalu melekat mengawal Gibran yang merupakan putra Presiden Jokowi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi wali kota solo Gibran Rakabuming Raka

Sumber : JIBI

Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top