Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Vaksinasi Lansia, Ini Usulan Satgas NU Peduli Covid-19

Antusiasme warga lansia pada vaksinasi adalah pertanda baik. Namun, niatan baik ini kalau tidak terorganisir akan menjadi bumerang.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  16:45 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menanggapi tingginya antusiasme warga lansia untuk mengikuti vaksinasi, Nadhlatul Ulama memberikan sejumlah tawaran solusi agar vaksinasi Covid-19 bisa dipercepat.

Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Makky Zamzami mengatakan antusiasme warga lansia pada vaksinasi adalah pertanda baik. Namun, niatan baik ini kalau tidak terorganisir akan menjadi bumerang.

“Antusiasme ini harus ditangkap dengan manajemen distribusi vaksin yang lebih merata. Di Jakarta harapannya tiap kota madya ada sentral vaksin di satu tempat, yang jangan di rumah sakit. Bisa gunakan hotel, fokus buat pusat vaksin lansia,” jelasnya pada konferensi pers KPC PEN, Senin (22/2/2021).

Hal ini, kata Makky, belum disampaikan secara resmi kepada pemerintah karena pihak NU masih memantau dan baru sekadar saran.

“Yang dilakukan pemerintah sudah cukup baik, tapi untuk lansia kita bisa punya strategi khusus. Karena vaksin harus segera apalagi angka kematian lansia akibat Covid-19 sampai 47 persen,” ujarnya.

Sampai saat ini, ujar Makky, anggota NU yang meninggal terkait Covid-19 sudah mencapai lebih dari 320 orang.

Sebagian besar meninggal karena komorbid dan usia di atas 60. Walaupun tanpa komorbid, ujar Makky, risikonya lebih besar.

“Kami siap bantu dukung vaksinasi lansia terutama untuk Kiai dan Bu Nyai, karena mereka aset bangsa. Kita harus kerja sama dengan baik, kolaborasi memperkuat distribusi,” tambah Makky.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lansia nahdlatul ulama Vaksin Covid-19
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top