Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kepala BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Jabodetabek hingga Akhir Februari

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi sampai dengan akhir Februari 2021
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 20 Februari 2021  |  14:04 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak banjir di ruas Tol TB Simatupang, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang disebabkan oleh tingginya curah hujan tersebut menyebabkan kemacetan panjang di ruas tol tersebut. ANTARA FOTO - Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah kendaraan terjebak banjir di ruas Tol TB Simatupang, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang disebabkan oleh tingginya curah hujan tersebut menyebabkan kemacetan panjang di ruas tol tersebut. ANTARA FOTO - Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat, khususnya yang tinggal di Jabodetabek, agar mengantisipasi cuaca ekstrem hingga akhir Februari 2021.

"Saat ini, sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek masih berada pada periode puncak musim hujan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi diperkirakan berlangsung sampai dengan akhir Februari 2021," katanya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (20/2/2021).

Untuk periode sepekan ke depan, lanjutnya, wilayah Jabodetabek umumnya berpotensi hujan dengan intensitas ringan-sedang.

Namun terkait perkiraan cuaca hingga 25 Februari 2021, hujan lebat kemungkinan masih akan terjadi. Berdasarkan data BMKG, peta hujan di kawasan Jabodetabek masih didominasi warna kuning. Ini artinya hujan deras kemungkinan akan terjadi.

"Kenapa kami memandang press conference ini penting?Karena ya untuk hari ini prediksi kami justru akan terjadi peningkatan intensitas curah hujan yang dapat berkembang menjadi lebat," imbuhnya.

Dwikorita mengungkapkan peta Jabodetabek pada 21 Februari 2021 warnanya menjadi hijau muda. Artinya, kata dia, intensitas hujan menjadi rendah.

Dia melanjutkan prediksi cuaca pada 22 Februari juga masih ringan, tapi peta di bagian selatan hijaunya mulai menua. Menurutnya, mulai terbentuk peningkatan intensitas hujan meski dalam kondisi ringan.

Kemudian, kata dia, 23 Februari 2021 peta sudah menjadi kuning bahkan kemerahan. Dia meminta warga mewaspadai warna kuning-coklat kemerahan itu hampir merata di seluruh wilayah Jabodetabek.

"Kesimpulannya hari ini kita masih harus waspada. Kemudian waspada berikutnya pada 23 dan 24 Februari. Itu untuk kondisi Jabodetabek," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir Banjir Jakarta BMKG
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top