Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangkal Hoax Hingga Kontrol Penegakan Hukum, Harapan DPR kepada Pers

Pers dinilai harus menjadi sumber arus utama informasi sehingga masyarakat teredukasi mendapatkan informasi yang jernih yang dapat menciptakan situasi kondusif.
Logo Hari Pers Nasional 2021/Istimewa
Logo Hari Pers Nasional 2021/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, sejumlah politisi Senayan menyampaikan pendapat dan harapannya di tengah maraknya pemberitaan bohong atau hoaks dan mewabahnya pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis Almasyhari mengatakan salah satu tugas besar kalangan pers adalah mencerdaskan rakyat dengan upaya menjadi penangkal informasi hoaks yang marak terjadi di media sosial. Bahkan politisi PKS itu khawatir berita hoaks soal wabah Covid-19 terus meningkat kendati seharusnya tidak terjadi.

Oleh karena itu, Kharis menekankan pers harus menjadi sumber arus utama informasi sehingga masyarakat teredukasi mendapatkan informasi yang jernih yang dapat menciptakan situasi kondusif di tengah masyarakat.

"Dengan kejernihan informasi yang baik kepada masyarakat akan muncul optimisme agar kita bisa melewati masa sulit ini bersama. Semoga seluruh insan pers dapat selalu mengedepankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian mengajak para wartawan untuk bersinergi dengan pemerintah. Menurutnya, kebebasan berpendapat pers merupakan pilar dari demokrasi sehingga hak kebebasan mereka harus terus dijaga dan diperjuangkan.

Pers berperan penting dalam menjaga demokrasi Indonesia melalui kebebasan berpendapat yang bertanggung jawab dan aktif mengedukasi masyarakat. Oleh karena itu, hak kebebasan pers harus terus dijaga dan diperjuangkan,” ujar Hetifah, Selasa (9/2/2021).

Hanya saja Hetifah juga mengingatkan pentingnya kebebasan yang bertanggung jawab bagi rekan-rekan media. Dia menjelaskan saat ini banyak media yang tidak terdaftar di Dewan Pers, kemudian menggiring opini yang negatif kepada publik.

“Hal ini yang harus menjadi perhatian bersama antar sesama profesi jurnalis di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR, Andi Rio Idris Padjalangi berharap pers dapat terus mengawal proses penegakan hukum di Indonesia melalui fungsi kontrol yang telah dijamin undang-undang. Terlebih lagi menurutnya, media memiliki kekuatan dalam mengawal penyelenggaraan negara yang transparan serta akuntabel.

"Semoga, pers selalu mengawal penegakan hukum dan dapat memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat. Pers memiliki peran penting dalam mengawal proses penegakan hukum agar sesuai jalurnya," katanya.

Sependapat dengan Kharis, Andi Rio mengatakan pers harus dapat menangkal hoaks mengenai Covid-19 yang selama ini marak dilakukan di tengah masyarakat dan dapat meluruskan berita hoaks yang beredar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper