Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Gowes, Pemprov DKI Bangun Jalur Sepeda Permanen

Pemerintah membangun jalur sepeda permanen dengan tujuan untuk menjadikan sepeda sebagai moda pilihan masyarakat Jakarta.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membangun jalur sepeda./Antara
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membangun jalur sepeda./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun jalur sepeda permanen pada Februari – Maret 2021 mendatang.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan pembangunan jalur sepeda permanen di ruas Jl. Sudirman – MH. Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyampaikan, pembangunan jalur sepeda permanen ini merupakan bagian dari program Jakarta Ramah Bersepeda.

Syafrin mengungkapkan bahwa pembangunan jalur sepeda permanen bertujuan untuk menjadikan sepeda sebagai moda pilihan masyarakat Jakarta. Konstruksi jalur tersebut juga diharapkan membuat warga memilih sepeda sebagai alternatif dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit.

“Selain itu, jalur sepeda diharapkan memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pesepeda di wilayah DKI Jakarta, serta mewujudkan Jakarta sebagai kota yang humanis, lestari, dan ramah lingkungan,” katanya dikutip dari siaran pers resmi Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (6/2/2021).

Rencananya, jalur sepeda yang dibangun adalah sepanjang 11,2 kilometer dengan lebar 2 meter. Jalur ini akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi pesepeda, diantaranya wayfinding, pijakan kaki di kaki simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan rest area berupa rak sepeda pada trotoar.

Sebagai proteksi jalur sepeda, Pemprov DKI Jakarta akan menggunakan pot tanaman (planter box) dengan bentuk seperti rantai yang saling terkait.

Dalam pembangunan jalur sepeda permanen ini, dilakukan pula pembangunan prasasti sebagai bicycle artwork berisi ornamen yang menjadi landmark Jakarta dan sepeda, terletak di trotoar atau jalur pejalan kaki.

Jalur sepeda permanen tersebut juga akan terintegrasi dengan fasilitas layanan angkutan umum massal, antara lain 9 halte bus Transjakarta, 6 stasiun MRT Jakarta, 1 stasiun Kereta Commuter Line, 1 stasiun Kereta Bandara (Railink) dan 1 stasiun LRT Jabodebek.

“Kami mohon partisipasi dan dukungan seluruh stakeholder di lingkungan Pemprov DKI Jakarta beserta masyarakat di Jakarta agar turut mengampanyekan program Jakarta Ramah Bersepeda dengan menyukseskan pembangunan jalur sepeda permanen di ruas Jl. Sudirman – MH. Thamrin,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper