Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Pusat Perbaiki 1.000 Rumah Rusak Akibat Gempa Sulbar

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyatakan terdapat 1.000 rumah mengalami rusak berat akibat gempa 6,2 magnitudo beberapa waktu lalu.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  15:26 WIB
Bangunan rusak akibat gempa bumi M6,2 di Sulawesi Barat. - Dok.BPBD Kabupaten Majene\r\n
Bangunan rusak akibat gempa bumi M6,2 di Sulawesi Barat. - Dok.BPBD Kabupaten Majene\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan pemerintah akan membantu perbaikan 1.000 lebih rumah rusak berat akibat gempa di Sulawesi Barat.

Muhadjir mengatakan pemerintah akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi secara bertahap pasca masa pemulihan tanggap darurat bencana di provinsi tersebut.

Terkait kerusakan rumah warga, dia menuturkan rumah dengan rusak berat nantinya akan dibantu penanganannya oleh pemerintah Kementerian PUPR. Menurutnya, terdapat 1.000 rumah mengalami rusak berat akibat gempa 6,2 magnitudo beberapa waktu lalu.

"Nanti kita akan identifikasi infrastuktur yang rusak, kemudian perumahan penduduk yang rusak, fasilitas umum yang rusak itu akan kita identifikasi," katanya melalui keterangan resmi dikutip Jumat (29/1/2021).

"Yang rusak ringan nanti kita harapkan ditangani oleh pemerintah daerah setempat, sedangkan yang rusak berat nanti akan dibantu oleh pemerintah pusat," sambungnya.

Sementara itu, BNPB telah menyalurkan bantuan dengan helikopter terhadap warga terdampak gempa bumi yang terjebak di perbukitan.

Adapun gempa bumi di Sulbar menyebabkan 108 korban meninggal dunia, 3 hilang, 426 luka berat serta 2.943 jiwa mengalami luka ringan dan sedang. Bencana alam itu juga merusak infrastuktur seperti jembatan, jalan penghubung rusak parah hingga jaringan listrik padam.

Pemerintah mencatat hingga kini setidaknya kerugian akibat gempa di Kabupaten Mamuju mencapai Rp 120 miliar dan nilai kerugian di Kabupaten Majene mencapai Rp 113 miliar. Kedua daerah ini merupakan kawasan terdampak paling parah akibat bencana tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa sulbar kemenko pmk
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top