Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gratis! Kemenkes Bikin Aplikasi Cek Tempat Tidur dan ICU Pasien Covid-19 di Seluruh Rumah Sakit

Aplikasi ini tersedia dan bisa diunduh secara gratis di Play Store dengan nama, SIRANAP RS.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  05:10 WIB
Tenaga kesehatan berjaga di ruang IGD Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), di Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021). Bisnis - Rachman
Tenaga kesehatan berjaga di ruang IGD Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), di Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan aplikasi bernama SIRANAP RS (Sistem Informasi Rawat Inap RS Rujukan Covid-19). Dengan aplikasi ini, masyarakat sekarang bisa mengecek ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU (Intensive Care Unit) Covid-19 di rumah sakit seluruh Indonesia.

"Ini produk Kemenkes, kami buat sendiri," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Azhar Jaya, saat dihubungi di Jakarta, Senin (25/1/2021).

Menurut Azhar, aplikasi ini sudah mencakup data untuk semua rumah sakit. Mulai dari rumah sakit negeri, swasta, hingga rumah sakit milik TNI, Polri, maupun BUMN.

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mengakses aplikasi ini:

Pertama, di halaman awal, akan muncul opsi "klik di sini". Setelah opsi ini dipilih, akan muncul pilihan provinsi dan kabupaten/kota. Pengguna tinggal memasukkan daerah yang diinginkan.

Kedua, pilih opsi pertama "cari rumah sakit". Ada juga opsi kedua "cari rumah sakit terdekat". Tapi, opsi kedua ini meminta izin untuk mengakses lokasi perangkat elektronik dari pengguna.

Setelah opsi ini dipilih, maka akan muncul daftar rumah sakit, alamat, dan nomor telepon. Masing-masing rumah sakit menyediakan opsi "tempat tidur".

Keempat, barulah semua informasi soal ketersediaan tempat tidur tersedia. Mulai dari ICU tekanan negatif dengan ventilator, tanpa ventilator, NICU khusus Covid, hingga PICU khusus Covid.

Pada masing-masing pilihan tempat tidur, ada jam dan tanggal data tersebut diperbarui terakhir kali.

 "Tinggal dilihat dan tergantung dari keaktifan rumah sakitnya," kata Azhar.

Adapun, aplikasi untuk mengecek tempat tidur isolasi dan ICU untuk pasien Covid-19 ini tersedia dan bisa diunduh secara gratis di Play Store dengan nama, SIRANAP RS.

Di dalamnya tertera informasi bahwa aplikasi ini merupakan versi 1.2, dan terakhir diperbarui pada 21 Januari 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes Covid-19

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top