Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Sidang Gugatan Pilkada, MK Lantik Perwira Polri jadi Kabag Keamanan

Kehadiran Kepala Bagian Pengamanan MK yang baru diharapkan menambah kekuatan MK dalam menghadapi sidang penanganan perkara PHPKada 2020 di tengah situasi pandemi Covid-19.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  09:20 WIB
Personel Brimob Polri bersiap melakukan pengamanan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi
Personel Brimob Polri bersiap melakukan pengamanan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (27/6/2019). - ANTARA/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) melantik seorang perwira menengah polri sebagai pejabat bagian keamamam MK. 

Pelantikan ini dilakukan untuk mengamankan jalannya penanganan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHPKada) Tahun 2020.

Sekretaris Jenderal MK M. Guntur Hamzah menyampaikan bahwa kehadiran Kepala Bagian Pengamanan MK yang baru diharapkan menambah kekuatan MK dalam menghadapi sidang penanganan perkara PHPKada 2020 di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Saat ini kita akan menangani satu agenda nasional yang menarik perhatian seluruh warga negara Indonesia. Penanganan perkara perselisihan hasil pilkada menjadi tugas yang besar dan menjadi tanggung jawab kita semua,” ujar Guntur dikutip dari laman resmi MK, Senin (25/1/2021).

Sebagai lembaga peradilan, sambung Guntur, core business MK adalah menciptakan putusan sebagai mahkota MK. Oleh karena itu, harus betul-betul dapat menjaga nama baik MK serta memahami dengan benar bahwa core business MK bukanlah barang maupun jasa, tetapi masuk kategori bisnis kepercayaan.

“Kita harus bergandengan tangan membangun soliditas untuk mewujudkan Mahkamah Konstitusi yang kredibel, terpercaya, tetapi juga dilakukan dengan cara-cara yang modern,” urai Guntur.

Guntur melanjutkan, penanganan perkara PHP Kada menjadi agenda nasional yang harus berjalan sukses. Kehadiran Kepala Bagian Pengamanan MK yang baru diharapkan dapat meringankan tugas-tugas lembaga MK, sehingga dapat melakukan koordinasi dengan baik kepada seluruh unit kerja di MK.  

“Kehadiran Pak Mantiri di MK tidak hanya sekadar bertugas, tetapi jadi salah satu wadah bagi karir Pak Mantiri sehingga MK nantinya betul-betul menjadi lembaga yang terhormat dan strategis,” ungkap Guntur.

Hal lain dan tak kalah penting yang ditekankan Guntur, MK sebagai lembaga peradilan agar senantiasa menegakkan integritas sebagai kata kunci. 

"Integritas memang mudah kita ucapkan, tetapi tidak mudah diimplementasikan. Karena itulah, siapa yang berani, bisa menepis ujian integritas, maka dialah yang lulus sebagai seorang yang bisa menjaga integritasnya,” tegasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahkamah konstitusi Covid-19

Sumber : Mahkamah Konstitusi

Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top