Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS, Begini Respons Tokoh Dunia

Salah satunya adalah pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus yang turut menyampaikan harapannya kepada Biden dan rakyat Amerika Serikat.
Field of flags terlihat di National Mall di depan gedung U.S Capitol menjelang upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden di Washington, AS, (19/1/2021)./Antara-Reutersrn
Field of flags terlihat di National Mall di depan gedung U.S Capitol menjelang upacara pelantikan Presiden terpilih Joe Biden di Washington, AS, (19/1/2021)./Antara-Reutersrn

Bisnis.com, JAKARTA - Joe Biden akhirnya resmi dilantik sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS) menggantikan Donald Trump.

Dengan meletakkan tangan di atas Alkitab pusaka yang dimiliki keluarganya selama lebih dari satu abad, Biden menyatakan sumpah jabatan Presiden AS, pada Rabu (20/1/2021) waktu setempat.

Atas pelantikan tersebut, para tokoh berpengaruh dunia memberikan respons. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di hadapan parlemen memberikan tanggapannya.

“Saya menantikan agar dapat bekerja sama dengan beliau (Biden), serta dengan pemerintahannya, memperkuat kemitraan antara kedua negara, serta bekerja untuk prioritas kita bersama, yakni mulai dari melawan perubahan iklim, bangkit kembali dari pandemi, dan memperkuat keamanan trans-atlantik,” jelasnya.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte juga menangapi pelantikan Biden dan mengatakan bahwa Italia menantikan era kepemimpinan dan kebijakan Biden.

"Kita menantikan kepresidenan Biden, yang akan segera kita ajak bekerja sama dalam pandangan Italia sebagai ketua G20. Kita mempunyai agenda bersama yang kuat, mulai dari multilateralisme efektif yang kita ingin sama-sama lihat, hingga perubahan iklim serta transisi hijau dan digital, juga inklusi sosial."

Pemimpin negara Eropa lainnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron memberikan pernyataan terkait hal itu melalui unggahan di Twitter.  "Doa terbaik untuk hari paling penting bagi rakyat Amerika ini! Kita bersama-sama. Kita akan lebih kuat dalam menghadapi tantangan di masa ini. Lebih kuat dalam membangun masa depan kita. Lebih kuat dalam menjaga planet ini. Selamat datang kembali di Kesepakatan Paris!"

Di platform media yang sama, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menulis, “Amerika Serikat kembali. Dan Eropa telah siap. Untuk terhubung kembali dengan mitra lama dan yang dipercaya, untuk memberikan antusiasme kepada aliansi yang kami hormati. Saya menantikan kerja sama dengan @JoeBiden.”

Pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus, turut menyampaikan harapannya kepada Biden. “Di bawah kepimpinan Anda, semoga rakyat Amerika terus mendapat kekuatan dari nilai-nilai luhur politik, etik, dan agama yang telah menginspirasi bangsa sejak dia berdiri.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan tanggapannya melalui pernyataan resmi.

"Selamat kepada Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris atas pelantikan Anda berdua yang amat bersejarah. Presiden Biden, Anda dan saya telah menjalin persahabatan personal yang hangat selama beberapa dekade. Saya menantikan kerja sama dengan Anda untuk lebih memperkuat aliansi AS-Israel, untuk memperluas perdamaian antara Israel dengan negara Arab, serta untuk menghadapi tantangan bersama yang antara lain ancaman dari Iran."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper