Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Video Puting Beliung Mirip Tornado Terjang Wonogiri

Fenomena angin langkisau atau puting beliung yang berada di atas permukaan air atau water spout (corong air) terjadi di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  23:32 WIB
Fenomena langka puting beliung berbentuk corong di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri Jawa Tengah. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @caloterminl
Fenomena langka puting beliung berbentuk corong di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri Jawa Tengah. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @caloterminl

Bisnis.com, JAKARTA – Fenomena alam puing beliung mirip tornado di atas waduk Gajah Mungkur, Wonogiri Jawa Tengah terjadi pada Rabu (20/1/2020) sore.

Fenomena langka ini menjadi bahan perbincangan warganet di Twitter. Terlebih, sepekan terakhir bencana alam bertubi-tubi terjadi di Indonesia.

Sejumlah warganet pun mendoakan kejadian puting beliung itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Warganet @Lachibeollala05 menulis bahwa puting beliung di Wonogiri tidak menimbulkan korban. Desa-deda di sekitar lokasi kejadian aman.

Fenomena angin langkisau atau puting beliung yang berada di atas permukaan air atau water spout (corong air) terjadi di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri pada pukul 16.00 WIB.

Perihal fenomena langka itu, Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko mengatakan tidak semua awan Cumulonimbus (CB) bisa menyebabkan puting beliung.

"Ada kondisi tertentu seperti ketika kondisi labilitas atmosfer yang melebihi ambang batas tertentu mengindikasikan udara sangat tidak stabil," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (20/1/2021) dikutip dari Antara.

Water spout yang terjadi terhubung dengan sejumlah awan, seperti Cumulus Vongestus, Cumuliform dan, Cumulonimbus.

Adapun, tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG angin puting beliung
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top