Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Lawan Corona, Menkes: Varian Baru Covid-19 Ibarat Teroris

Dia menargetkan, pada pekan ini pemerintah lewat Kemenkes sudah dapat melakukan identifikasi kemungkinan adanya strain virus baru tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  13:06 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengibaratkan varian baru Covid-19 seperti teroris. Adapun Kementerian Kesehatan diibaratkan sebagai intelijen yang melakukan deteksi dini.

Budi awalnya mengatakan belum dapat memastikan apakah strain baru Virus Corona yang ditemukan di London, Inggris sudah masuk di Indonesia.

"Saya juga sadar kalau ditanya sudah ada di Indonesia atau belum saya akan jawab belum tahu," kata Budi saat Rapat Kerja dengan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa (12/1/2021).

Budi bercerita, ia kerap mengatakan kepada koleganya di sektor kesehatan bahwa perang melawan virus ibarat perang sebenarnya.

Menurut dia, harus ada intelijen untuk memantau apakah varian anyar virus tersebut sudah masuk ke Indonesia.

"Kita harus punya intelnya, terorisnya udah masuk belum, kita enggak tahu sampai sekarang. Intelnya bukan dari Kemenhan, tapi Kemenkes," ujar Budi.

Budi mengatakan Indonesia memiliki 12 laboratorium yang dapat melakukan aktivitas kontra-intelijen terhadap strain virus baru ini, yakni dengan genome sequencing.

"Di mana setiap virus masuk kita sequence ada enggak mutasi virusnya."

Laboratorium-laboratorium itu dimiliki Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Kementerian Kesehatan, dan sejumlah perguruan tinggi.

Pekan lalu, kata Budi, dia telah menandatangani kerja sama dengan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro untuk memformalisasi jaringan laboratorium tersebut.

Nantinya, laboratorium-laboratorium tersebut akan secara rutin melakukan pengetesan dari beberapa bandara atau kota-kota yang banyak didatangi pengunjung dari luar negeri.

"Agar secara rutin kita bisa genome sequencing dari beberapa airport atau kota-kota yang banyak incoming passengers-nya sehingga kita bisa identifikasi secara dini kalau ternyata ada virus mutasi yang masuk," ujar Budi.

Dia menargetkan, pada pekan ini pemerintah lewat Kemenkes sudah dapat melakukan identifikasi kemungkinan adanya strain virus baru tersebut.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkes Covid-19

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top