Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WNA Dilarang Masuk Indonesia 1–14 Januari 2021, Doni: Perintah Jokowi

Munculnya virus Corona baru di sejumlah negara menjadi alasan Indonesia membatasi masuknya warga negara asing (WNA) per 1 Januari — 14 Januari 2021.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  17:32 WIB
Ilustrasi-Suasana di Bandara Internasional Los Angeles, 7 Juli 2020. - Bloomberg/Patrick T. Fallon
Ilustrasi-Suasana di Bandara Internasional Los Angeles, 7 Juli 2020. - Bloomberg/Patrick T. Fallon

Bisnis.com, BANDUNG — Munculnya virus Corona baru di sejumlah negara menjadi alasan Indonesia membatasi masuknya warga negara asing (WNA) per 1 Januari — 14 Januari 2021.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan ada adendum dalam surat edaran (SE) Nomor 3 Satgas Penanganan Covid-19 yang salah satu isinya adalah larangan bagi WNA berasal Inggris termasuk mereka yang melakukan perjalanan dari negara tersebut.

"Hari ini ibu Menteri Luar Negeri [Retno Marsudi] atas perintah presiden akan mengumumkan kebijakan baru bagi semua warga negara asing yang akan berkujung ke Indoensia," kata Doni dalam konferensi pers usai memberikan arahan dalam rapat Satgas Covid-19 Jawa Barat di Makodam III Siliwangi, Bandung, Senin (28/12/2020).

Pemerintah sebelumnya juga mengatur tentang kewajiban bagi pelaku perjalanan dari luar negeri untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif melalui tes RT-PCR di negara asal pada saat tiba di Indonesia yang berlaku 3x24 jam sejak diterbitkan ke dalam e-HAC Indonesia. Pemerintah juga melarang Warga Negara Asing (WNA) Inggris masuk ke Indonesia.

Selain itu, pelaku perjalanan WNA dan WNI dari wilayah Eropa dan Australia baik secara langsung maupun transit di negara asing, harus menunjukkan hasil negatif melalui tes RT-PCR di negara asal yang berlaku maksimal 2x24 jam.

Hasil ini sebelum keberangkatan dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatan atau e-HAC Internasional Indonesia. Ketentuan ini juga berlaku bagi para pelaku perjalanan WNI dari Inggris.

SE ini berlaku mulai saat ditetapkan, yaitu mulai 23 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021. Kebijakan ini lalu diperkuat lagi oleh Menteri Luar Negeri Retno Masudi yang mengumumkan pembatasan masuk WNA ke Indonesia kecuali untuk urusan diplomatik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top