Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Risma Jadi Mensos, Pengamat: Bisa Tekan Citra Negatif dan Koruptif

Ekspektasinya, figur Risma tidak sekadar memperbaiki kinerja Kemensos, tapi juga membersihkan citra korup di kementerian tersebut.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 26 Desember 2020  |  08:55 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan sambutan dalam acara serah terima jabatan Menteri Sosial di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (23/12/2020). - Antara/Galih Pradipta.
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan sambutan dalam acara serah terima jabatan Menteri Sosial di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (23/12/2020). - Antara/Galih Pradipta.

Bisnis.com, JAKARTA - Analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai penunjukkan sosok Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial baru merupakan langkah tepat dalam membendung citra negatif pemerintah.

"Terutama karena rekam jejak Wali Kota Surabaya dua periode itu sudah dikenal publik sebagai figur pemimpin yang tegas, berani dan cukup prestasi. Pelbagai terobosan kebijakan mampu membawa kemajuan Kota Surabaya," jelasnya.

Terlebih, hal ini telah terafirmasi dalam survei yang dilakukan Indo Survey & Strategy (ISS) pada awal November 2020, di mana tingkat kepuasan masyarakat Kota Surabaya terhadap kinerja Risma sebagai walikota mencapai 96,36 persen.

Adapun, tingkat keberhasilan pembangunan dalam persepsi publik, 91,82 persen responden menjawab program pembangunan yang dilakukan pemerintah Kota Surabaya berhasil.

"Tidak aneh jika sosok Risma dipercaya menjadi menteri sosial menggantikan Juliari Batubara. Justru dengan menunjuk Risma menjadi Mensos, sedikitnya dapat memulihkan citra negatif pemerintah dan juga PDI Perjuangan akibat kasus korupsi yang menjerat kader banteng moncong putih itu," tambahnya.

Karyono berharap diangkatnya figur Risma dapat menimbulkan kepercayaan publik yang sempat menurun. Karena ekspektasinya, figur Risma tidak sekadar memperbaiki kinerja Kemensos, tapi juga membersihkan citra korup di kementerian tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

walikota surabaya tri rismaharini kemensos
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top