Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Profil Budi Gunadi Sadikin, dari Bankir Jadi Menteri Kesehatan Jokowi

Berikut profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan (Menkes) baru dalam kabinet Indonesia Maju.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  16:10 WIB
Budi Gunadi Sadikin Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Optimis Bangkit dari Pandemi di Jakarta, Sabtu (15/8/2020). - Kominfo
Budi Gunadi Sadikin Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Optimis Bangkit dari Pandemi di Jakarta, Sabtu (15/8/2020). - Kominfo

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai calon menteri kesehatan (Menkes) menggantikan Terawan Agus Putranto. Sebelumnya Budi yang juga dikenal sebagai bankir, menjabat sebagai wakil menteri BUMN dan juga ketua satuan tugas pemulihan ekonomi dan transformasi nasional (PEN).

Mengutip situs bumn.go.id, BGS lahir pada tanggal 6 Mei 1964. Dia dipilih sebagai wakil menteri BUMN I sejak 25 Oktober 2019 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 72/M Tahun 2019 tanggal 25 Oktober 2019.

Budi meraih gelar sarjana di bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1988. Dia juga memiliki sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (ChFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada tahun 2004.

ChFC adalah sebutan profesional yang telah menyelesaikan kursus komprehensif  mengenai pendidikan keuangan. Mereka yang mendapatkan gelar tersebut dipahami memiliki pengetahuan dalam masalah keuangan dan memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat yang baik.

Sementara itu CLU adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki speliasasi dalam asuransi jiwa dan perencanaan harta benda. Individu harus lulus serangkaian kursus dan ujian untuk menerima penunjukan.

Adapun sebelum menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I, Budi sempat menjadi dua direktur utama perusahaan pelat merah. Pada 2013--2016, Budi menjabat sebagai direktur utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kemudian pada 2017--2017 BGS memimpin PT Inalum (Persero). Di antara periode tersebut atau 2016--2017, Budi adalah staf khusus Menteri BUMN Rini Soemarno.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi reshuffle 6 posisi menteri pada Kabinet Indonesia Maju. Selain Budi, berikut, daftar nama calon menteri baru yang masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju:

Tri Rismaharini, yang sebelumnya menjabat Wali Kota Surabaya, mengisi posisi Menteri Sosial.

Sandiaga Salahudin Uno akan mengisi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Yaqut Cholil Quoumas, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor periode 2015-2020, diangkat sebagai Menteri Agama.

Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono diangkat Jokowi untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

M. Lutfi, yang saat ini menjabat Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, kembali ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Menteri Perdagangan

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi BUMN bank mandiri budi gunadi sadikin inalum
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top