Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEK FAKTA: Benarkah Ada Paslon Pilkada 2020 Minta Bantuan Gaib?

Dalam video berdurasi 50 detik di media sosial tampak seseorang berpakaian putih dengan sorban merah di kepalanya sedang duduk dan melafalkan doa dan harapan kepada para leluhur.
Tangkapan layar unggahan di Instagram yang menunjukkan video dan memperlihatkan sejumlah paranormal melakukan ritual dan dikaitkan dengan ajang pemilihan kepala daerah atau Pilkada/Instagram
Tangkapan layar unggahan di Instagram yang menunjukkan video dan memperlihatkan sejumlah paranormal melakukan ritual dan dikaitkan dengan ajang pemilihan kepala daerah atau Pilkada/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA – Video yang memperlihatkan sejumlah paranormal melakukan ritual dan dikaitkan dengan ajang pemilihan kepala daerah atau Pilkada beredar di media sosial. Apakah video tersebut terkait dengan Pilkada 2020 yang pemungutan suaranya dihelat hari ini, Rabu (9/12/2020)?

Dalam video berdurasi 50 detik tersebut tampak seseorang berpakaian putih dengan sorban merah di kepalanya sedang duduk dan melafalkan doa dan harapan kepada para leluhur. Dia dikelilingi oleh sekitar 7 orang yang berdiri sembari menumpangkan tangan ke arah sosok berbaju putih tersebut.

Di Instagram, video tersebut dibagikan oleh akun ikhwansalafyi pada 28 September 2020. Dalam unggahan tersebut, tertulis keterangan: “Menjelang Pilkada, Dukun & Paranormal Laris Manis didatangi para Timses Pasangan Masing2.” Unggahan itu pun dilengkapi dengan informasi terkait larangan mendatangi dukun dengan mengutip Rasul Muhammad SAW.

Di Facebook, video serupa dibagikan oleh akun Sufa’ad Bin Rintap, juga pada 28 September 2020. Keterangan dalam unggahan itu hampir mirip dengan yang diunggah ikhwansalafyi di Instagram.

Namun, ada keterangan tambahan berisi peringatan mengenai larangan mendatangi dukun berdasarkan ajaran Islam.

“LARIS MANISS ..ORANG BODOH BERTEMU,” demikian keterangan tambahan dalam unggahan di Facebook Sufa’ad Bin Rintap.

PEMERIKSAAN FAKTA

Berdasarkan penelusuran Bisnis dan informasi yang diperoleh dari Cekfakta.com, video serupa pernah beredar di Twitter. Di jejaring media sosial tersebut, video serupa, dengan durasi 45 detik, diunggah akun @kangnugo85 pada 23 April 2018.

Dalam unggahannya, akun Twitter itu menautkan sumber informasi dari pemberitaan Merdeka.com, bertajuk: ‘Paguyuban paranormal minta bantuan gaib menangkan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi’.

Dalam pemberitaan yang juga ditayangkan pada 23 April 2018 itu disebutkan bahwa sejumlah pihak yang ada dalam video itu merupakan anggota Paguyuban Paranormal Sunda.

"Jabar perlu sosok pemimpin baru yang bisa mengembalikan budaya sunda menjadi prinsip dasar kehidupan," kata Ketua Paguyuban Paranormal Jabar, Tubagus Zunaedi, demikian keterangan dalam berita tersebut.

Sosok tersebut mengaku akan mendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi. Untuk mewujudkan hal it, Paguyuban Paranormal Sunda akan meminta bantuan gaib.

Seperti diketahui, dalam pemilihan Gubernur Jawa Barat pada 2018, KPU memutuskan empat pasangan calon peserta, termasuk pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Adapun, pemenangnya kemudian adalah pasangan Mochamad Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

KESIMPULAN

Video yang menunjukkan sejumlah paranormal melakukan ritual dan baru-baru ini beredar di media sosial itu tidak terkait dengan Pilkada 2020. Video tersebut menampilkan peristiwa yang telah terjadi pada 2018 atau jelang Pilgub Jabar.

Adapun, artikel ini juga disusun berdasarkan informasi dari cekfakta.com yang merupakan sebuah sebuah proyek kolaboratif pengecekan fakta yang dibangun di atas API Yudistira oleh Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) dan bekerja sama dengan beberapa media online yang tergabung di AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) serta didukung oleh Google News Initiative dan Internews serta FirstDraft.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper