Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Serentak 2020: Ternyata, Ada Juga Surat Suara Tanpa Gambar Paslon

Di tengah keriuhan pilkada serentak di sejumlah wilayah di Indonesia, ditemukan ada surat suara tak bergambar paslon. Kejadian di Nunukan itu menjadi catatan tersendiri.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, NUNUKAN - Suasana pemilihan suara di wilayah Nunukan, Kalimantan Utara, diwarnai hadirnya surat suara tanpa gambar paslon.

Hal itu, menurut Antara, diketahui seorang pemilih saat berada di bilik suara. Kejadian tersebut tidak menjadi masalah karena masih ada surat suara cadangan untuk penggantinya.

Kejadian itu berlangsung pada Hari H pemungutan suara atau pencoblosan pasangan Bupati-Wakil Bupati Nunukan dan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara.

Kasus surat suara tanpa gambar pasangan calon terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) 29 Kelurahan Nunukan Timur, Kabupaten Nunukan.

Surat suara tersebut diketahui oleh seorang pemilih saat berada di bilik suara sehingga langsung melaporkannya kepada petugas TPS di RT O2 Kelurahan Nunukan Timur.

Ketua KPU Nunukan Rahman di Nunukan, Rabu (9/12/2020), mengatakan surat suara yang tidak bergambar tersebut bisa diganti dari surat suara cadangan yang disediakan setiap TPS.

Ia juga mengaku kecolongan atas adanya surat suara tanpa gambar paslon di TPS, padahal pada saat penyortiran telah dilakukan pemilahan secara saksama dan teliti.

Rahman mengatakan hal itu menjadi pengalaman dan evaluasi atas kejadian ini untuk ke depannya. Hanya saja, Rahman mengatakan hal itu tidak menjadi masalah karena surat suara cadangan telah disediakan apabila ada kejadian seperti ini.

Pilkada Kabupaten Nunukan diikuti dua pasang calon yaitu Danni Iskandar-Muhammad Nasir dan Hj Asmin Laura Hafid-H Hanafiah.

Sementara Pilkada Kaltara diikuti tiga pasangan calon yaitu Zainal A Paliwang-Yansen TP, H Udin Hianggio-Undunsyah, dan Irianto Lambrie-Irwan Sabri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper