Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meme Kocak Juliari Batubara di Twitter, Kampanye Antikorupsi Malah Ditangkap KPK

Netizen Twitter membagikan gambar sindirian atau Meme terkait korupsi bansos yang dilakukan Mensos Juliari Batubara.
Gambar berisi sindiran atau Meme Mensos Juliari Batubara di Twitter / Sumber: Twitter
Gambar berisi sindiran atau Meme Mensos Juliari Batubara di Twitter / Sumber: Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial Juliari P. Batubara karena diduga terlibat kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Penangkapan Juliari membuat masyarakat geger. Pasalnya, KPK baru saja melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo beberapa waktu lalu.

Juliari yang juga kader PDIP ini ditangkap dan menjadi tersangka lantaran kasus tindak pidana korupsi terkait pengadaan paket bansos sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos). APBN yang dialokasikan untuk menolong kehidupan rakyat tidak mampu pada masa pandemi Covid-19 digelapkan oleh beberapa oknum Kemensos dan Menteri Sosial sendiri dan saat ini disita KPK senilai Rp14,5 miliar.

"KPK menetapkan lima tersangka, sebagai penerima JPB (Juliari Peter Batubara), MJS (Matheus Joko Santoso), AW (Adi Wahyono), dan sebagai pemberi AIM (Ardian IM) dan HS (Harry Sidabuke)," ungkap Ketua KPK Firli Bahuri seperti dikutip Bisnis, Minggu (6/12/2020).

Penangkapan Juliari ramai dibicarakan masyarakat, khususnya di media sosial. Warganet atau netizen tentu mengecam tindakan Juliari, salah satunya dengan sindiran-sindiran lewat gambar atau yang disebut Meme.

Salah satu Meme yang beredar, yaitu poster Juliari saat mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan Jawa Tengah 1 pada pemilu 2019.

Pada poster ini terdapat slogan terkait pemberantasan korupsi dengan kutipan "Korupsi dibabat pasti Indonesia hebat!".

Warganet pun lalu mengunggah poster ini seperti yang dilakukan akun PolJokesID (@PolJokesID).

"Kampanye adalah doa," kicau akun @PolJokesID dikutip Senin (7/12/2020) yang disertai poster kampanye Juliari 2019 lalu.

Kicauan yang telah disukai lebihi dari 5700 pengguna dan di retweet lebih dari 700 kali ini juga berisi meme-meme yang menyindir Juliari.

Salah satu balasan (reply) dikirimkan akun Ky (@aposateriori) dengan foto Juliari yang menyerahkan bansos kepada salah seorang warga. Pada foto tersebut dituliskan "Ini ada bantuan sedikit buat ibu tapi saya potong ceban ya".

"Nemu ginian, gatau siapa yang buat tapi ngenaa bangeet," cuit @aposateriori.

Meme lainnya juga diunggah akun AhPangLooi (@podangpotato) yang menampilkan karakter Patrick di animasi Amerika SpongeBob SquarePants tetapi dengan perut buncitnya dan ditambah tulisan "Enaknya duit bansos".

Akun Sedotan nya 2 (@asong66) juga membalas poster pemilihan legislatif Juliari dengan foto surat suara yang dituliskan "KORUPTOR SEMUANYA".

https://twitter.com/asong66/status/1335617435005636614

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper