Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Walmart Lepas Saham Mayoritas di Seiyu ke Rakuten dan KKR

Kesepakatan tersebut disebut-sebut bakal memacu digitalisasi di Seiyu sehingga mampu mengakomodasi peningkatan permintaan ritel online di Jepang.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 16 November 2020  |  11:19 WIB
Walmart - Reuters
Walmart - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Walmart Inc. menjual saham mayoritas peritel Jepang, Seiyu, ke KKR & Co. dan Rakuten Inc. dalam kesepakatan senilai 172,5 miliar yen (US$1,6 miliar).

Dengan penjualan tersebut, Wallmart akan memiliki saham 15 persen di Seiyu sedangkan KKR dan Rakuten mengakuisisi kepemilikan saham dengan masing-masing 65 persen dan 20 persen.

Kesepakatan itu disebut-sebut bakal memacu digitalisasi di Seiyu sehingga mampu mengakomodasi peningkatan permintaan ritel online di Jepang.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (16/11/2020), kesepakatan itu akan rampung pada kuartal I/2020. Chief Executive Officer Seiyu, Lionel Desclee akan bertahan sampai transaksi tersbeut selesai dan akan menduduki jabatan baru di Walmart. Kemudian, Chief Executive Officer Seiyu akan dipilih oleh komisaris yang berasal dari KKR, Rakuten, dan Walmart.

Walmart yang berinvestasi pada Seiyu pada 2002 dan membuatnya menjadi perusahaan pribadi pada 2008 ini terus melakukan peningkatan operasional digital di tengah tingginya tekanan operaisonal dan penurunan permintaan.

Peritel asal AS ini harus bersaing ketat dengan peritel Jepang lainnya misalnya Aeon Co. dan Seven & I Holdings Co.

Pada 2018, Walmart bekerjasama dengan Rakuten untuk pengiriman produk makanan segar di Jepang dan operasional e-book di Amerika Serikat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online walmart

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top