Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menlu: Kemitraan Asean-AS Berdampak Positif untuk Kawasan

Kemitraan Asean dan AS telah terjalin selama lebih dari empat dekade dan berkembang ke dalam kerja sama di berbagai bidang strategis.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 14 November 2020  |  16:58 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke/37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 / Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi saat menyampaikan keterangan pers terkait hasil pertemuan KTT Ke/37 Asean di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 14 November 2020 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia tetap berharap Amerika Serikat menjadi mitra penting dan strategis di kawasan Indo-pasifik, termasuk di antaranya dalam penerapan Asean Outlook on the Indo-Pacific.

"Kemitraan ini diharapkan dapat menjadi positive force untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan,” kata Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi pada keterangan pers, Sabtu (14/11/2020).

Retno menjelaskan bahwa Amerika Serikat merupakan salah satu mitra strategis Asean di kawasan. Kemitraan kedua pihak telah terjalin selama lebih dari empat dekade dan berkembang ke dalam kerja sama di berbagai bidang strategis.

Dalam empat tahun terakhir, di bidang ekonomi dan pembangunan, Amerika Serikat terus menjadi mitra perdagangan dan investasi terbesar kedua di Asean.

Volume perdagangan kedua pihak meningkat sebesar 39 persen dari US$211,8 miliar menjadi US$294,6 miliar.

“Investasi Amerika Serikat juga meningkat 110 persen di kawasan, dari US$11,65 miliar menjadi US$24,5 miliar,” jelasnya.

Di sektor energi, Asean bersama Amerika Serikat juga telah menyusun rencana kerja sama jangka panjang 2021-2025. Hal itu ditambah dengan kerja sama di sektor ekonomi digital melalui program peningkatan kapasitas sebanyak 4.000 UMKM yang telah dilakukan di kawasan ini.

Adapun, dalam 10 bulan terakhir, sepanjang pandemi Covid-19, kemitraan antara Asean dan Amerika Serikat di bidang kesehatan juga menguat.

Untuk diketahui, dalam KTT ke-8 ASEAN-Amerika Serikat tersebut, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Robert C. O’Brien, hadir mewakili Presiden Donald Trump untuk Amerika Serikat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat asean ktt asean
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top