Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terawan Sampaikan 3 Arahan Terkini Presiden Jokowi untuk Atasi Covid-19

Menurut Terawan, saat ini ada 3 fokus pemerintah: penurunan kasus baru, peningkatan kasus sembuh dan penurunan kematian.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  16:49 WIB
Menteri Kesehatan Terawan saat konferensi pers - Kemenkes
Menteri Kesehatan Terawan saat konferensi pers - Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berkata saat ini pemerintah tengah melakukan intensifikasi berbagai kegiatan untuk menyelaraskan diri dengan 3 instruksi terkini Presiden untuk penanggulangan Covid-19.

"Ketiga arahan presiden itu, yaitu penurunan kasus baru, peningkatan kasus sembuh serta penurunan kematian. Sementara itu, arah kebijakan RPJMN Kemenkes 2020-2024 adalah meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama pelayanan kesehatan dasar," papar Terawan saat membuka konferensi daring Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), Jumat (30/10/2020).

Pada Jumat (30/10) jumlah penambahan kasus harian di Indonesia memang menurun jadi 2.897, dari pengecekan yang dilakukan terhadap 24.854 spesimen. Namun, angka ini masih tergolong relatif tinggi. Secara kumulatif, sejauh ini sudah ada 406.945 kasus positif Covid-19 di Indonesia, dengan jumlah pasien sembuh bertambah 4.517 sehingga kini mencapai 334.295.

Adapun korban meninggal di Indonesia akibat Covid-19 bertambah 81 orang dalam 24 jam terakhir, sehingga total secara kumulatif telah menembus 13.782. 

Musabab itulah, Terawan mengimbau agar seluruh masyarakat Indonesia terus menerapkan 3M, yakni menjaga jarak aman, memakai masker dan mencuci tangan. Termasuk seluruh tenaga kesehatan di fasilitas-fasilitas kesehatan, yang diharapkan Terawan bisa menjadi teladan bagi masyarakat.

"Dalam menghadapi transisi menuju adaptasi kebiasaan baru, rumah sakit harus mampu membangun budaya dengan melakukan perubahan pada sistem pelayanan, sehingga mampu mengikuti perkembangan di masa pandemi Covid-19," sambung Terawan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona dokter terawan Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top