Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kenang Mbah Hamid Pasuruan, Wapres: Dakwahnya Patut Jadi Teladan

Selain berpengaruh kuat dalam mendakwahkan Islam secara santun, Wapres Ma'ruf Amin mengenal Mbah Hamid sebagai sosok yang menggunakan pendekatan hikmah dalam berdakwah.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  15:59 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenang KH. Abdul Hamid bin Abdullah bin Umar atau yang dikenal dengan Mbah Hamid Pasuruan di sela-sela perayaan Haul ke-39 tokoh penyebar Islam itu, Senin (26/10/2020).

Melalui akun Twitter resminya, @Kiyai_MarufAmin, Wapres memberikan sambutan melalui konferensi video.

"Saya menyampaikan bahwa sosok KH. Abdul Hamid atau dikenal dengan Mbah Hamid Pasuruan adalah tokoh penyebar Islam yang sangat terkenal di tanah Jawa," demikian kata Wapres dalam unggahan tersebut.

Selain mempunyai pengaruh kuat dalam mendakwahkan Islam secara santun, lembut dan rahmatan lil alamin, kata Wapres Ma'ruf, Mbah Hamid juga dikenal menggunakan pendekatan hikmah dalam berdakwah, yakni menyentuh hati nurani para umat sehingga membuka mata hati mereka untuk belajar.

"Metodologi dakwah Mbah Hamid patut dijadikan suri tauladan dalam mensyiarkan agama Islam dengan mau'idzah hasanah (memberikan nasihat yang baik) dan wajaadilhum billati hiya ahsan (berdiskusi dengan baik)," tulis Twitter pribadi Wapres.

Dengan teladan itu, Wapres pun mengajak para ulama dan tokoh agama untuk ikut berperan aktif mensosialisasikan gerakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Apalagi saat ini, masyarakat Indonesia masih dihadapkan pada ancaman penularan virus Corona atau Covid-19.

"Menjaga imunitas diri dengan berolahraga dan minum vitamin, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat beraktivitas," tambah Wapres Ma'ruf.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ma'ruf Amin wapres ma'ruf amin
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top