Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sampoerna Raih Penghargaan Asia Responsible Enterprise Award

Enterprise Asia memberikan dua penghargaan sekaligus yaitu Green Leadership Category untuk kategori Carbon & Water Management (Pengelolaan Karbon dan Air)
Sampoerna Raih Raih Penghargaan Asia Responsible Enterprise Award
Sampoerna Raih Raih Penghargaan Asia Responsible Enterprise Award

Bisnis.com, JAKARTA - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) kembali meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Award (AREA) 2020 atas upayanya dalam melestarikan lingkungan dan pengelolaan perusahaan.

Enterprise Asia memberikan dua penghargaan sekaligus yaitu Green Leadership Category untuk kategori Carbon & Water Management (Pengelolaan Karbon dan Air), serta Corporate Governance Category dengan tema Ethic & Compliance (Etika dan Kepatuhan).

Direktur Sampoerna, Elvira Lianita, mengatakan penghargaan ini merupakan motivasi bagi perusahaan untuk terus melakukan upaya terbaik dalam pengelolaan perusahaan dan juga kepedulian terhadap lingkungan.

"Sampoerna percaya bahwa transformasi kinerja bisnis diperlukan untuk menciptakan dampak positif terhadap operasional, sosial, dan lingkungan," kata Elvira dalam keterangan tertulisnya.

Dijelaskan oleh Elvira bahwa satu dari empat pilar program keberlanjutan perusahaan yang penting dan menjadi acuan adalah ‘Mengurangi Jejak Karbon’. Hal ini mencerminkan komitmen Sampoerna dalam menciptakan manajemen lingkungan yang efektif di seluruh operasi dan rantai untuk meminimalkan dampak lingkungan dan mengatasi perubahan iklim.

"Kami berupaya untuk meminimalisir jejak karbon pada rantai nilai, mengelola air secara bertanggung jawab, dan melestarikan keanekaragaman hayati di mana pun fasilitas kami berada. Selain itu, kami juga menggunakan energi terbarukan dan menerapkan pengelolaan limbah dengan tepat dari pertanian hingga limbah pasca-konsumen kami," tegasnya.

Sementara itu, Presiden Enterprise Asia, Richard Tsang mengatakan bahwa sebanyak 81 proyek dan pemimpin bisnis di seluruh Asia dipilih sebagai penerima penghargaan ini dan jumlah ini meningkat 27% dari tahun lalu.

Dikatakannya juga bahwa pihaknya telah melihat lebih dari 600 proyek tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang berhasil disorot, dengan jutaan komunitas terangkat dan miliaran kehidupan tersentuh dan diselamatkan.

"Penentuan penerima penghargaan sangatkah ketat, bahkan salah satu dewan jurinya, Dr Eugen Chien, yang merupakan mantan Menteri Lingkungan Hidup Republik Taipei, menyaring melalui pengajuan selama periode penjurian tiga bulan. Dan karena saat ini kita semua sedang dilanda Pandemi Covid-19 maka penyerahan penghargaan dilakukan acara virual," katanya.

Tsang juga mengatakan bahwa, pemenang ditentukan tidak hanya oleh upaya dan hasil mereka, tetapi juga oleh kriteria seperti penggambaran efektif, hubungan dengan komunitas, identifikasi kebutuhan, keterukuran, efektivitas implementasi, kemampuan untuk menjangkau khalayak sasaran, dampak, keterlibatan kepemimpinan, pelembagaan dan kontinuitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper