Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Demo UU Cipta Kerja, Water Cannon dan Barakuda Disiagakan di Dekat Istana

Aparat TNI-Polri berjaga di sekitar kawasan Istana Merdeka Jakarta untuk mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa dari buruh dan mahasiswa terkait penolakan UU Cipta Kerja.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  11:38 WIB
Aparat TNI-Polri siaga untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa mahasiswa dan buruh untuk menolak pengesahan UU Cipta Kerja. Water Canon dan Barakuda juga telah disiagakan di kawasan Monas, Jakarta - Bisnis - Rayful Mudassir
Aparat TNI-Polri siaga untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa mahasiswa dan buruh untuk menolak pengesahan UU Cipta Kerja. Water Canon dan Barakuda juga telah disiagakan di kawasan Monas, Jakarta - Bisnis - Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA - Ratusan aparat TNI-Polri berjaga di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi rencana aksi masyarakat di sekitar Istana menolak pengesahan RUU Cipta Kerja.

Pantauan Bisnis di lapangan aparat telah tersebar sejak dari kawasan Patung Kuda Jalan Merdeka Barat menuju Harmoni atau Istana Merdeka. Tiap pelintas turut diperiksa aparat termasuk awak media.

Di sisi utara Monas atau berhadapan dengan Istana Merdeka dan Kantor Wakil Presiden personel kepolisian menyiagakan sejumlah kendaraan taktis.

Sedikitnya 3 Water Canon, 3 Barakuda dan sejumlah kendaraan Brimob bersiaga di sisi utara Monas. Kendati begitu, hingga kini belum terlihat adanya penumpukan massa yang merengsek mendekati Istana.

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia berencana menggelar aksi menolak pengesahan RUU Cipta Kerja yang diketok DPR pada 5 Oktober 2020.

Diperkirakan 5.000 mahasiswa dari 300 kampus akan turun aksi hari ini. Selain itu, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia menyebut 2 juta buruh turut dalam aksi yang berlangsung pada 6 - 8 Oktober tersebut.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui saat ini tidak berada di Istana Merdeka, Jakarta. Presiden tengah melakukan kunjungan kerja untuk meninjau proyek food estate atau lumbung pangan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buruh demo mahasiswa tni polri Omnibus Law cipta kerja
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top