Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Covid-19 Peringatkan Hoaks Tes untuk Panen Data DNA

Satgas Covid-19 menyebutkan sebuah postingan di Facebook mengunggah kutipan Undang-Undang di Inggris disertai narasi yang mengklaim tes Covid-19 merupakan bagian konspirasi untuk memanen data DNA biometrik manusia.
Seorang lelaki menyeberangi sebuah jalan di London, Inggris, berlatar belakang deretan properti residensial./Bloomberg/Hollie Adams
Seorang lelaki menyeberangi sebuah jalan di London, Inggris, berlatar belakang deretan properti residensial./Bloomberg/Hollie Adams

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Pusat melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengonfirmasi informasi hoaks terkait tes Covid-19 di United Kingdom (UK).

Dalam keterangannya di laman Instagram, Satgas Covid-19 menyebutkan sebuah postingan di Facebook mengunggah kutipan Undang-Undang di Inggris disertai narasi yang mengklaim tes Covid-19 merupakan bagian konspirasi untuk memanen data DNA biometrik manusia.

Faktanya adalah The Biometrics Commissioner di Inggris menyebutkan Undang-Undang yang ditunjukkan dalam postingan tersebut adalah terkait tindakan sementara untuk mencegah hilangnya data biometrik terkait risiko keamanan nasional, tidak ada kaitannya dengan pengujian Covid-19.

"Ayo bersama, putuskan rantai penyebaran Covid-19," tulis Satgas Covid-19 pada akhir pesannya.

View this post on Instagram

Beredar postingan akun Facebook mengunggah kutipan UU Inggris disertai narasi yang mengklaim bahwa tes COVID-19 adalah konspirasi untuk memanen data DNA Biometrik Manusia. Ini *HOAKS!* *Faktanya* The Biometrics Commissioner di Inggris menyebutkan Undang-Undang yang ditunjukkan dalam postingan tersebut adalah terkait tindakan sementara untuk mencegah hilangnya data biometrik terkait risiko keamanan nasional, tidak ada kaitannya dengan pengujian COVID-19. Ayo bersama, putuskan rantai penyebaran covid-19. #satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

A post shared by Satgas Covid 19 Indonesia (@satgascovid19.id) on

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terus mendorong upaya penguatan penanganan Covid-19 di daerah melalui perubahan perilaku dan menegakkan penerapan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo mengatakan hingga saat ini mematuhi protokol kesehatan adalah ‘vaksin' terbaik yang dapat dilakukan masyarakat.

“Selama belum ada vaksin maupun obat, mematuhi protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19,” tegas Doni, Rabu (7/10/2020).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper