Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Isi Sambutan Dubes Korsel untuk Indonesia di Hari Kebangsaan

Duta Besar Korsel untuk Indonesia menyebut Indonesia seperti saudara kandung dan menggarisbawahi hubungan kedua negara yang telah terjalin di tingkat yang lebih tinggi.
Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung tengah memberikan sambutan dalam rangka Hari Kebangsaan Korea./Antara
Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung tengah memberikan sambutan dalam rangka Hari Kebangsaan Korea./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-sung, menyebut Indonesia layaknya sahabat dan seperti saudara kandung sendiri bagi negaranya.

Hal tersebut diungkapkan Dubes Park dalam sambutan yang disampaikan secara daring dalam rangka perayaan Hari Kebangsaan Korea Selatan, Sabtu (3/10/2020).

“Ikatan batin yang erat antara Korea Selatan dan Indonesia telah terjalin selama 100 tahun, yakni sejak pertama kali diaspora Korea bermigrasi ke Indonesia. Presiden Moon Jae-in dan Presiden Joko Widodo pun memiliki hubungan yang erat,” ungkapnya dalam sambutannya yang ditayangkan melalui akun Instagram resmi Kedubes Korsel.

Dia pun menggarisbawahi hubungan kedua negara yang telah terjalin di tingkat yang lebih tinggi, yakni menjadi Kemitraan Strategis Khusus (Special Strategic Partnership), sejak kunjungan kenegaraan Presiden Moon Jae-in ke Indonesia pada tahun 2017 lalu.

“Di kawasan Asia Tenggara, kemitraan tersebut hanya dimiliki oleh Indonesia dan Korea. Ruang lingkup kerja sama strategis antara kedua negara pun diperluas hingga diplomasi pertahanan, ekonomi, dan kebudayaan,” ujarnya.

Park berhadap kerjas sama investasi dan industri antara kedua negara dapat terus ditingkatkan agar dapat memulihkan kondisi ekonomi kedua negara dari tekanan akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, dia juga menyatakan bahwa Korsel berkomitmen untuk terus bekerja sama dan berjuang dengan Indonesia dalam menghadapi masa sulit di tengah pandemi.

“Hinga saat ini, Korsel terus berbagi pengalaman dengan Indonesia dalam penanggulangan Covid-19 yakni yang berkaitan dengan strategi 3T (Test, Trace, Treat). Agar pandemi Covid-19 dapat segera teratasi,” tambahnya.

Selain kerja sama pemulihan dan penanganan Covid-19 serta diplomasi antar-pemerintah, Park juga menyebut diaspora masing-masing negara sebagai bagian penting dari hubungan kedua negara.

“Warga Korea yang menetap di Indonesia mencapai 30.000 orang dan warga Indonesia yg tinggal di korea mencapai 40.000 orang. Mereka memiliki peran penting dalam menjembatani dan menjalin persahabatan antara kedua negara,” paparnya.

Dalam sambutan dan ucapan selamat atas perayaan Hari Kebangsaan Korea Selatan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Korea Selatan dalam memfasilitasi Pekerja Migran Indonesia untuk memperoleh lingkungan kerja yang memadai dan perlakuan yang setara.

“Salah satunya melalui rencana pembentukan kesepakatan bagi PMI atau anak buah kapal (ABK) Indonesia yang tidak termasuk ke dalam kategori Employment Permit System,” kata Menaker.

Adapun Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi menegaskan bahwa hubungan spesial kedua negara didasarkan dengan prinsip-prinsip yang diyakini bersama yakni terkait demokrasi, hak asasi manusia, dan perdamaian dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper