Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertemuan G20 Dorong Pemerataan Vaksin Virus Corona

G20 sepakat untuk terus mendorong kerja sama dalam pengembangan vaksin dan obat virus corona (Covid-19).
Presiden Joko Widodo berjalan, di sela-sela menghadiri KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019)./Istimewa
Presiden Joko Widodo berjalan, di sela-sela menghadiri KTT G20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menekankan pentingnya vaksin virus corona (Covid-19) agar menjadi global public goods yang dapat diakses secara universal, serta mendukung pengembangan vaksin yang berkualitas, aman, dan efektif.

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Affandi Lukman selaku Sherpa (utusan) G20 Indonesia saat menghadiri pertemuan virtual Sherpa G20 ke-3 pada 29-30 September 2020. "Sherpa Indonesia menekankan agar vaksin Covid-19 menjadi global public goods, agar nantinya dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat", ujar Rizal seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (3/10/2020).

Sherpa Indonesia menyampaikan bahwa Indonesia sudah menerapkan langkah-langkah kebijakan yang komprehensif dalam menangani dampak pandemi Covid-19 secara nasional. Langkah kebijakan tersebut bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat, melindungi kelompok paling rentan yang terkena dampak, menciptakan lapangan pekerjaan baru, serta memulihkan perekonomian nasional.

Para Sherpa G20 sepakat untuk berkolaborasi dan bekerja sama guna mengatasi dampak pandemi Covid-19, pemulihan pertumbuhan perekonomian, serta penciptaan lapangan kerja dan membentuk masa depan yang resilience terhadap krisis.

G20 juga sepakat untuk terus mendorong kerja sama dalam pengembangan vaksin dan obat-obatan yang mudah diakses dan terjangkau guna mempercepat pemulihan krisis global serta memberikan proteksi dan dukungan terhadap kelompok yang paling rentan terkena dampak dari pandemi ini.

Dalam penyiapan elemen Leaders’ Declaration, Sherpa Indonesia menyampaikan beberapa masukan di antaranya memastikan vaksin Covid-19 menjadi global public goods yang dapat diakses secara universal, mendorong fokus pencapaian SDGs di tengah pandemi, dan mendukung mekanisme pendanaan inovatif seperti blended finance.

Terhadap elemen Leaders’ Declaration Sherpa Indonesia juga menyampaikan terkait dorongan ekonomi kreatif dalam rangka pemulihan perekonomian, mendorong pendidikan yang merata termasuk bagi anak berkebutuhan khusus, mendukung pendekatan Circular Carbon Emmission (CCE) sebagai tools manajemen emisi dengan menyesuaikan prioritas nasional, serta mendukung investasi pertanian dan sistem pangan guna memastikan pertanian yang inklusif dan berkelanjutan.

Sebagai Informasi, forum virtual G20 Sherpa kali ini membahas perkembangan isu keuangan dan penanganan Covid-19, serta masukan terhadap elemen Leaders’ Declaration yang akan menjadi outcome document pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. KTT G20 direncanakan akan dilaksanakan pada 21- 22 November 2020.

Pertemuan ini dipimpin Sherpa G20 Arab Saudi selaku Presiden G20 tahun ini dan dihadiri seluruh Sherpa negara G20, serta perwakilan dari Organisasi Internasional dan perwakilan engagement group G20.

Selain itu, Pertemuan G20 Sherpa ke-3 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan utama G20 menuju pelaksanaan KTT G20 pada bulan November 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper