Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Upacara Hari Kesaktian Pancasila pada Kamis (1/10/2020) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  08:56 WIB
Presiden Joko Widodo, memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Monumen Pancasila Sakti, Kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10 - 2020) / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo, memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Monumen Pancasila Sakti, Kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10 - 2020) / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo, memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Monumen Pancasila Sakti, Kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2020). Acara ini berlangsung pada pukul 07.45 WIB.

Upacara diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, peserta upacara memberikan hormat kepada Jokowi.

Dalam upacara hari ini, Pancasila dibacakan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Kemudian disambung teks Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dibacakan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan dan menandatangani Ikrar.

“Kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran, dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Puan dalam ikrar tersebut.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi.

Berdasarkan pantauan Bisnis melalui siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden, upacara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah pejabat yang hadir juga menjaga jarak dan menggunakan masker, sedangkan sisanya hadir secara virtual. Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga tampak hadir dalam upacara tersebut.

Adapun, Hari Kesaktian Pancasila ini adalah gelaran setiap tahun untuk memperingati peristiwa Gerakan 30 September atau G30S yang menewaskan para jenderal pada 1965 silam. Peristiwa ini kemudian berujung pada konflik horizontal antara para pendukung Partai Komunis Indonesia (PKI) dan anti-PKI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pancasila
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top