Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Bawah Pengawasannya, Luhut Klaim Kasus Corona di 8 Provinsi Melandai

Luhut Pandjaitan meminta agar pemerintah pusat dan daerah tidak lengah dan tetap terus fokus pada upaya penurunan penambahan kasus positif harian Covid-19.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 29 September 2020  |  16:40 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - ANTARA
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengklaim terjadi penurunan jumlah kasus mingguan terkonfirmasi positif Covid-19 di delapan provinsi.

Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi mengatakan bahwa jika dilihat dari indikator di delapan provinsi secara mingguan, terjadi penurunan penambahan kasus konfirmasi positif dan angka kematian, kecuali Jawa Barat.

"Khusus Jawa Barat, secara rata-rata wilayah Bogor, Bekasi dan Depok berkontribusi terhadap lebih dari 60 persen total peningkatan kasus di Jawa Barat dalam dua minggu terakhir. Oleh karena itu penanganan kasus di Jabodetabek akan dilakukan secara terintegrasi," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (29/9/2020).

Dengan perkembangan positif ini, sambungnya, Menko Marves Luhut Pandjaitan mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan oleh seluruh gubernur di delapan provinsi, jajaran Polda, Kodam, Kemenkes, Satgas Covid-19 serta tim lain yang terlibat.

Namun, Menko meminta agar pemerintah pusat dan daerah tidak lengah dan tetap terus fokus pada upaya penurunan penambahan kasus positif harian, peningkatan angka kesembuhan, dan penurunan angka kematian.

Selain itu, pemerintah akan terus bekerja untuk memastikan ketersediaan obat dan alat kesehatan untuk perawatan pasien Covid-19, mendorong peningkatan testing dan tracing yang lebih tepat sasaran, serta kampanye perubahan perilaku sesuai protokol kesehatan.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Menko Marves Luhut Pandjaitan secara khusus menangani pandemi Covid di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Luhut Pandjaitan covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top