Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Awas! Lokasi Pengungsi Korban Banjir Bisa Jadi Klaster Covid-19

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa hal itu bisa dihindari jika para pengungsi disiplin dalam menerapkan 3M.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 September 2020  |  18:21 WIB
Ilustrasi - Petugas Dinas Sosial DKI Jakarta memantau pengungsi banjir yang tidur di trotoar, Rabu (7/2/2018) - Jafry Prakasa.
Ilustrasi - Petugas Dinas Sosial DKI Jakarta memantau pengungsi banjir yang tidur di trotoar, Rabu (7/2/2018) - Jafry Prakasa.

Bisnis.com, JAKARTA - Lokasi pengungsian korban banjir berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19 selama musim penghujan.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa hal itu bisa dihindari jika para pengungsi disiplin dalam menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, serta menjaga kebersihan lingkungan lokasi pengungsian.

"Menjaga kebersihan lokasi pengungsian juga akan menjaga para pengungsi dari penyakit-penyakit lainnya yang mungkin muncul di musim penghujan seperti demam berdarah dengue, lepra, tiphus, dan penyakit kulit," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, semua penyakit tersebut bisa menurunkan daya tahan tubuh atau imunitas sehingga rentan tertular virus Covid-19.

Wiku pun mengimbau pemerintah setempat menjaga sirkulasi udara di lokasi pengungsian korban banjir terjadi dengan baik, cukup terpapar sinar matahari, serta menjaga kebersihannya.

Sementara itu, penyebaran virus Corona (Covid-19) di lingkungan keluarga atau biasa disebut klaster keluarga juga masih menjadi sorotan pemerintah.

Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan bahwa terciptanya klaster keluarga dalam penyebaran Covid-19 berawal dari kurang atau tidak disiplinnya anggota keluarga ketika di luar rumah.

Walhasil, penerapan 3M, memkai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan tetap menjadi kunci memutus rantai penyebaran virus, termasuk di lingkungan keluarga.

"Kami sarankan untuk tetap memakai masker apa lagi di dalam keluarga tersebut ada kelompok rentan seperti balita demikian juga lansia," katanya dalam konferensi pers, Kamis (24/9/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top