Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Inisiatif Daerah dengan Angka Kesembuhan Covid-19 Tertinggi

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memerinci inovasi dan inisiatif sejumlah provinsi sehingga mampu meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 September 2020  |  17:51 WIB
Seorang warga yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 membawa spanduk bertuliskan ucapan terima kasih kepada tenaga medis saat dipulangkan dari tempat karantina di Asrama Haji Surabaya pekan lalu. - Antara
Seorang warga yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 membawa spanduk bertuliskan ucapan terima kasih kepada tenaga medis saat dipulangkan dari tempat karantina di Asrama Haji Surabaya pekan lalu. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Provinsi Maluku Utara mencatatkan angka kesembuhan tertinggi secara nasional yakni mencapai 89,71 persen per 20 September 2020.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa provinsi tersebut sejak awal membagi penanganan pasien Covid-19 yang ada.

"Untuk gejala ringan dikarantina tersentral atau hotel, untuk gejala berat di rumah sakit," katanya dalam konferensi pers, Kamis (24/9/2020).

Lebih lanjut, pemerintah provinsi Maluku Utara juga mendorong pasien untuk menjaga kebugaran fisik dengan mengonsumsi protein.

Selain itu, pendekatan kearifan lokal juga dimanfaatkan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Ada sebuah slogan yang digunakan oleh masyarakat di sana sebagai prinsip dalam mencegah penularan virus yakni jaga torang pe diri, jaga torang pe keluarga, jaga torang pe daerah.

Upaya yang sama juga dilakukan di Provinsi Gorontalo yakni membedakan penanganan pasien Covid-19 bergejala ringan dan berat serta pemberian vitamin pada pasien.

Walhasil dengan upaya tersebut, Provinsi Gorontalo mampu mencapai 87,1 persen tingkat kesembuhan per 20 September 2020.

"Di sana juga melakukan terapi pengelolaan stres dan olah raga kepada pasien Covid di rumah sakit," ujar Wiku.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top