Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Politisi Demokrat: Saatnya Pemerintah Atur Biaya Tes Swab Mandiri

Hal itu ditegaskan Wakil Sekretaris Jendral Partai Demokrat, Jansen Sitindaon melalui cuitan akun Twitter resminya, @jansen_jsp, Selasa (15/9/2020).
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 15 September 2020  |  16:48 WIB
Petugas melakukan tes usap atau PCR test virus Covid-19 di Genomik Solidaritas Indonesia (GSI), Jakarta, Rabu (12/8/2020). GSI Lab melakukan tes usap Covid-19 secara walk thru, ride thru, dan drive thru. Bisnis - Hendri T Asworo
Petugas melakukan tes usap atau PCR test virus Covid-19 di Genomik Solidaritas Indonesia (GSI), Jakarta, Rabu (12/8/2020). GSI Lab melakukan tes usap Covid-19 secara walk thru, ride thru, dan drive thru. Bisnis - Hendri T Asworo

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jendral Partai Demokrat, Jansen Sitindaon meminta pemerintah untuk mengatur biaya tes Swab dan tes Rapid mandiri agar masyarakat tidak dirugikan.

"Karena tes adalah kunci deteksi corona baiknya pemerintah @KemenkesRI segera keluarkan aturan standarnisasi harga Swab mandiri," kata Jansen melalui cuitan Twitter, Selasa (15/9/2020).

Jansen menambahakan bahwa kesadaran masyarakat untuk melakukan tes Swab sudah tinggi. Hanya saja kondisi yang terjadi saat ini biaya tes Swab yang tinggi masih menjadi kendala.

"Buat terjangkau dan harganya sama disemua rumah sakit. Orang secara sadar sudah mau tes dirinya malah mahal sekali dan kemarin saya Swab kena 2,4 Juta," ujarnya.

Menurut Jansen, harga tes Rapid juga gila-gilaan dan komersil sebelum diatur menjadi Rp150 ribu.

Saat ini, kata Jansen, mereka yang terpaksa tetap beraktivitas keluar rumah pada masa Covid-19 seharusnya melakukan tes swab sebagai bagian dari 'tanggung jawab sosialnya' kepada lingkungan, keluarga bahkan negara agar tidak menjadi pembawa virus. Oleh karena itu, ujarnya, seharusnya harga tes itu terjangkau.

Setidaknya, kata dia, harga tes Swab di seluruh Indonesia dibuat seragam.

"Jika tes Swab murah maka hal itu menjadi jalan menyelamatkan keluarga, teman dan lain lain dari penularan selain meringankan beban negara melakukan tracking," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai demokrat kemenkes swab test
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top