Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Novel Baswedan Tertular Corona, Pakar: Klaster Keluarga Naik sejak Awal

Pakar pandemi mengingatkan bahwa penularan Covid-19 atau Corona di dalam rumah tangga (klaster keluarga) terus meningkat sejak awal pandemi Corona di Indonesia.
Sutarno
Sutarno - Bisnis.com 01 September 2020  |  09:51 WIB
Loading the player ...
Penjelasan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020 bahwa kasus 01 dan kasus 02 ada hubungan pertalian keluarga. Video: Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar pandemi mengingatkan bahwa penularan Covid-19 atau Corona di dalam rumah tangga (klaster keluarga) terus meningkat sejak awal pandemi Corona di Indonesia 2 Maret 2020.

Pandu Riono, Pakar Pandemi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, mengungkapkan hal itu terkait dengan kasus tertularnya penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

"Yg dialami keluarga mas novel baswedan contoh klaster penularan Covid-19 di dalam rumah tangga. KLASTER RUMAH TANGGA meningkat sejak awal pandemi, kasus no 1, 2, 3," kata Pandu Riono melalui akun twitternya @drpriono, mengomentari postingan akun twitter Novel Baswedan @nazaqistsha.

Dalam postinga twitternya, Novel baswedan menyebutkan bahwa keempat anaknya dinyatakan positif tertular Corona.

Masih ingat dengan kasus pertama dan kedua Corona di Indonesia yang menimpa warga Depok Sita Tyasutami dan ibunya Maria Darmaningsih?

Kedua orang bertalian darah itu diumumkan sebagai pasien Corona pertama dan kedua di Indonesia. Pengungumannya disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada 2 Maret 2020 di Istana Kepresidenan.

Jokowi waktu itu tidak menyebutkan identitas kedua ibu-anak itu, yang tertular Corona dari seorang warga Jepang yang tinggal di Malaysia.

"Orang ini berhubungan dengan dua orang. Yaitu seorang ibu yang umurnya 64 tahun dan putrinya yang berumur 31 tahun," simak penjelasan selengkapnya Presiden Jokowi soal kasus Corona pertama dan kedua tersebut dari Youtube Istana Presiden di atas.

Kedua orang itu kemudian dirawat di RSPI Sulianto Saroso. Ketika sembuh, jati diri kedua ibu-anak itu pelan-pelan terkuak.

Apa yang diutarakan Preside Jokowi itu menunjukan bahwa Sita Tyasutami dan ibunya, Maria Darmaningsih, adalah klaster keluarga pertama dalam kasus Corona di Indonesia.

Pandu Riono mengingatkan bahwa cara paling efektif untuk mengisolasi klaster rumah tangga adalah dengan memisahkan anggota keluarga.

"Isolasi dilaksanakan di lokasi isolasi khusus. BUKAN isolasi mandiri, bila tak mungkin pisahkan dg anggota RT lain," tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona novel baswedan covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top