Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Percepatan Vaksin Covid-19 AS: FDA Bersedia Beri Izin, Asal...

Walau uji klinis tahap III belum selesai, satu vaksin diizinkan penggunaannya oleh FDA AS selama syaratnya terpenuhi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  08:09 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, WASHINGTON - Amerika Serikat tampaknya sedang bergegas meluncurkan vaksin Covid-19. Hal itu tersirat dari penyataan Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan (FDA) Amerika Serikat.

Selama syaratnya terpenuhi, Kepala Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan (FDA) Amerika Serikat menyatakan bersedia mempercepat vaksin Covid-19 selekas mungkin, seperti dilaporkan Financial Times dalam wawancara yang dirilis Minggu.

Komisaris FDA Dr. Stephen Hahn mengatakan badan tersebut bersedia merestui satu vaksin sebelum uji klinis tahap tiga selesai. Izin diberikan selama para pejabat yakin bahwa manfaatnya lebih besar ketimbang risikonya, menurut media tersebut.

Tanpa menyodorkan bukti, Presiden AS Donald Trump Sabtu lalu menuding anggota yang disebut deep state [jaringan rahasia di kalangan pejabat] yang bekerja di FDA mempersulit upaya untuk menguji vaksin Covid-19 guna menunda hasilnya sampai setelah pemilu presiden 3 November.

Sehari kemudian, FDA memberikan "otorisasi penggunaan darurat" pengobatan Covid-19, yang menggunakan plasma darah dari pasien sembuh.

"Otorisasi penggunaan darurat kami beda halnya dengan persetujuan penuh," kata Hahn kepada FT, menambahkan bahwa keputusannya bukan karena tekanan politik.

"Ini akan menjadi keputusan data, sains dan medis. Ini bukan keputusan politik," tegas Hahn, menurut laporan tersebut.

Menurut Hahn, cara paling aman agar vaksin tersedia untuk digunakan sebelum uji klinis tahap tiga selesai, yang akan melibatkan ribuan pasien dan membutuhkan waktu bertahun-tahun, adalah dengan mengeluarkan otorisasi darurat agar digunakan oleh kelompok tertentu daripada menunggu persetujuan penuh, demikian dikuti Antara dari FT, Senin (31/8/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin covid-19

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top