Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres Ma'ruf Dorong BUMD Berinovasi Majukan Ekonomi Daerah

BUMD perlu terus melakukan inovasi guna mengembangkan kinerja bisnisnya dengan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang dinamis.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  18:37 WIB
  Wapres Maruf Amin (tengah) menerima laporan saat meninjau Stasiun Kereta Api Serang di Serang, Banten, Kamis (30/1/2020).  - Antara
Wapres Maruf Amin (tengah) menerima laporan saat meninjau Stasiun Kereta Api Serang di Serang, Banten, Kamis (30/1/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta BUMD terus berinovasi untuk memajukan ekonomi daerah di tengah krisis akibat Covid-19.

Wapres mengatakan di tengah situasi pandemi Covid-19 dan penerapan adaptasi kebiasaan baru, BUMD dituntut mampu merespons cepat guna menangkap peluang inovasi dengan pemanfaatan teknologi digital, sehingga roda bisnis dan fungsi pelayanannya tetap berjalan.

Sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, pendirian BUMD bertujuan antara lain memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah sesuai dengan potensinya dan memperoleh keuntungan.

"BUMD perlu terus melakukan inovasi guna mengembangkan kinerja bisnisnya dengan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang dinamis," ujarnya dalam sambutan TOP BUMD Awards 2020, Kamis (27/8/2020).

Peran BUMD di masa sulit ini diperlukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah, terutama program pemulihan ekonomi nasional.

BUMD diharapkan terus meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusianya melalui kegiatan-kegiatan pelatihan generasi milenial.

"Selain itu, para kepala daerah juga diharapkan terus membina dan mengarahkan BUMD agar meningkatkan kinerja dan layanannya untuk membangun daerah," jelasnya.

Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2020 Djohermansyah Djoha Pertama mengungkapkan terdapat temuan menarik semasa melakukan proses penjurian.

Menurutnya, semua BUMD relatif sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Kedua, generasi millenial mulai tertarik masuk ke BUMD.

"Ketiga, semakin banyak BPR dan BPRS yang menaruh perhatian untuk melakukan pemberantasan renternir atau pelepas uang," paparnya.

Keempat, hampir semua PDAM serius dalam hal penggunaan teknologi informasi, meski sebagian masih perlu peningkatan. Kelima, BPD banyak melakukan sinergi dan inovasi produk.

TOP BUMD Awards 2020 diikuti oleh 1.149 BUMD di seluruh Nusantara. Sebanyak 163 BUMD tersaring menjadi finalis.

Melalui rangkaian penjurian dari pakar dan ahli dibidang manajemen bisnis, beberapa BUMD terbaik mendapat penghargaan TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2020.

Diataranya adalah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kab. Tangerang, Perumda Air Minum Apa' Mening Kab Malinau, PDAM Tirta Segah (Batiwakkal) Kab Berau, PDAM Kab Nunukan. Selain itu juga ada, Bank BJB Tbk, Bank Jatim Tbk, MRT Jakarta (Perseroda), BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kab. Magelang, dan BPR Batola Kab. Barito Kuala.

Selain itu, BUMD terbaik yang berhasil memberikan kontribusi tinggi terhadap pembangunan di daerahnya seperti PT Mahakam Gerbang Raja Migas dan PT Migas Mandiri Pratama Kaltim.

Sementara itu, beberapa BUMD yang banyak melakukan perbaikan (improvement), diantaranya adalah PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dan PDAM Kota Gorontalo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumd wapres ma'ruf amin
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top