Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Dorong BUMD Berinovasi Majukan Ekonomi Daerah

BUMD perlu terus melakukan inovasi guna mengembangkan kinerja bisnisnya dengan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang dinamis.
  Wapres Maruf Amin (tengah) menerima laporan saat meninjau Stasiun Kereta Api Serang di Serang, Banten, Kamis (30/1/2020). /Antara
Wapres Maruf Amin (tengah) menerima laporan saat meninjau Stasiun Kereta Api Serang di Serang, Banten, Kamis (30/1/2020). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta BUMD terus berinovasi untuk memajukan ekonomi daerah di tengah krisis akibat Covid-19.

Wapres mengatakan di tengah situasi pandemi Covid-19 dan penerapan adaptasi kebiasaan baru, BUMD dituntut mampu merespons cepat guna menangkap peluang inovasi dengan pemanfaatan teknologi digital, sehingga roda bisnis dan fungsi pelayanannya tetap berjalan.

Sebagaimana amanat Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah, pendirian BUMD bertujuan antara lain memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah sesuai dengan potensinya dan memperoleh keuntungan.

"BUMD perlu terus melakukan inovasi guna mengembangkan kinerja bisnisnya dengan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan yang dinamis," ujarnya dalam sambutan TOP BUMD Awards 2020, Kamis (27/8/2020).

Peran BUMD di masa sulit ini diperlukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah, terutama program pemulihan ekonomi nasional.

BUMD diharapkan terus meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusianya melalui kegiatan-kegiatan pelatihan generasi milenial.

"Selain itu, para kepala daerah juga diharapkan terus membina dan mengarahkan BUMD agar meningkatkan kinerja dan layanannya untuk membangun daerah," jelasnya.

Ketua Dewan Juri TOP BUMD Awards 2020 Djohermansyah Djoha Pertama mengungkapkan terdapat temuan menarik semasa melakukan proses penjurian.

Menurutnya, semua BUMD relatif sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Kedua, generasi millenial mulai tertarik masuk ke BUMD.

"Ketiga, semakin banyak BPR dan BPRS yang menaruh perhatian untuk melakukan pemberantasan renternir atau pelepas uang," paparnya.

Keempat, hampir semua PDAM serius dalam hal penggunaan teknologi informasi, meski sebagian masih perlu peningkatan. Kelima, BPD banyak melakukan sinergi dan inovasi produk.

TOP BUMD Awards 2020 diikuti oleh 1.149 BUMD di seluruh Nusantara. Sebanyak 163 BUMD tersaring menjadi finalis.

Melalui rangkaian penjurian dari pakar dan ahli dibidang manajemen bisnis, beberapa BUMD terbaik mendapat penghargaan TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2020.

Diataranya adalah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kab. Tangerang, Perumda Air Minum Apa' Mening Kab Malinau, PDAM Tirta Segah (Batiwakkal) Kab Berau, PDAM Kab Nunukan. Selain itu juga ada, Bank BJB Tbk, Bank Jatim Tbk, MRT Jakarta (Perseroda), BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kab. Magelang, dan BPR Batola Kab. Barito Kuala.

Selain itu, BUMD terbaik yang berhasil memberikan kontribusi tinggi terhadap pembangunan di daerahnya seperti PT Mahakam Gerbang Raja Migas dan PT Migas Mandiri Pratama Kaltim.

Sementara itu, beberapa BUMD yang banyak melakukan perbaikan (improvement), diantaranya adalah PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dan PDAM Kota Gorontalo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper