Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASN Diminta Edukasi Masyarakat Pentingnya Pemakaian Masker

ASN diminta untuk turut berpartisipasi aktif mengedukasi masyarakat pentingnya pemakaian masker dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Warga menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan di Jakarta, Selasa (7/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan di Jakarta, Selasa (7/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) meminta aparatur sipil negara untuk aktif mengedukasi masyarakat pentingnya pemakaian masker, mencuci tangan dan menerapkan protokol kesehatan.

Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan, pandemi Covid-19 memasuki babak baru yakni tatanan normal baru. Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan membantu masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu, katanya, sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar pemimpin dan satgas di daerah dapat menyeimbangkan antara penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi dalam takaran yang tepat.

“Agar komite dan Menteri Dalam Negeri mengingatkan kembali kepada satgas di daerah, gubernur, bupati, dan wali kota agar betul-betul serius dan bekerja keras dalam rangka penanganan Covid-19," kata Tjahjo, Selasa (25/8/2020).

Adapun, untuk para ASN telah diterbitkan Surat Edaran Menteri PANRB No. 58/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru.

Tjahjo menjelaskan dalam upaya pemulihan ekonomi yang berjalan beriringan dan seimbang dengan penanganan kesehatan, Kepala Negara juga menegaskan agar pelaksanaan skema bantuan langsung ke masyarakat dapat dilakukan dengan cepat.

"BLT Dana Desa, Bansos Tunai, BPNT, Banpres produktif, dan subsidi gaji dapat diselesaikan pada pertengahan September tahun ini sehingga dapat mendorong angka pertumbuhan kita," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah mengeluarkan arahan terbaru terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Salah satu arahannya adalah pentingnya pemakaian masker dan percepatan pembagian masker di kalangan masyarakat sampai ditemukannya vaksin Covid-19.

"Sebelum adanya vaksin, kuncinya paling penting adalah pemakaian masker. Segera yang berkaitan dengan ajakan untuk memakai masker, dan membagi masker, pelaksanaannya agar dipercepat," ujar Presiden Jokowi.

Lebih jauh, Presiden Jokowi meminta agar kampanye dan promosi terkait penggunaan masker dapat lebih digalakkan. Seluruh aparatur negara dapat mengambil peran untuk mengedukasi dan memberi pemahaman kepada masyarakat agar selalu memakai masker, terutama saat berkegiatan di luar ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper