Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terawan: Kemenkes Akan Terus Dukung Tenaga Kesehatan

Semua orang dapat terpapar Covid-19 termasuk tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat.
Menteri Kesehatan Terawan saat konferensi pers/Kemenkes
Menteri Kesehatan Terawan saat konferensi pers/Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menjanjikan untuk terus mendukung dan membantu tenaga kesehatan dalam menghadapi ancaman Covid-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan hal itu terkait upaya melawan ancaman penularan Covid-19.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan akan terus mendukung dan membantu teman-teman dalam berperang melawan pandemi Covid-19," kata Menkes Terawan ketika membuka acara diskusi virtual tentang SDM tangguh yang diadakan RSPI Sulianti Saroso, Senin (24/8/2020).

Menkes Terawan menegaskan bahwa semua orang dapat terpapar Covid-19 termasuk tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat. Menurut dia, banyak tenaga medis yang dirawat atau meninggal dunia karena terpapar saat melakukan penanganan pasien Covid-19.

Karena itu, Menkes berterima kasih kepada para kesatria kesehatan yang terus bertaruh nyawa demi melayani manusia lain.

"Hormat kami yang setinggi-tingginya, tetap semangat dan senantiasa memohon perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa," tegas Terawan.

Dukungan pemerintah juga ditegaskan oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan (PPSDM) Kemenkes Abdul Kadir.

Ia menyatakan penguatan pelayanan kesehatan dan ketersediaan SDM kesehatan merupakan dua dari beberapa isu utama kesehatan menghadapi Covid-19.

Abdul Kadir mengatakan tenaga kesehatan memiliki peran besar dalam penanganan Covid-19 mulai deteksi sampai dengan respons, dan harus didukung oleh seluruh pemangku kepentingan.

Dalam bentuk moneter, Abdul Kadir mengatakan pemerintah telah membayar insentif kepada tenaga kesehatan sebesar Rp1,027 triliun. Santunan kematian juga diberikan kepada 76 orang tenaga kesehatan dari 89 orang yang dinyatakan berhak mendapatkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper