Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 Tinggi, Ketersediaan Tempat Tidur ICU, dan Isolasi di Jakarta Minim

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI, per hari ini, ketersediaan jumlah ruangan HCU sebanyak 41 tempat tidur, ICU 11 tempat tidur, ICCU 12 tempat tidur dan isolasi 170 tempat tidur.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  14:08 WIB
ilustrasi RS
ilustrasi RS

Bisnis.com, JAKARTA - Ketersediaan jumlah kamar rawat inap kelas ICU, HCU dan isolasi di Jakarta cenderung kian minim, di tengah masih tingginya kasus covid-19 di Ibukota.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI, per hari ini, ketersediaan jumlah ruangan HCU sebanyak 41 tempat tidur, ICU 11 tempat tidur, ICCU 12 tempat tidur dan isolasi 170 tempat tidur.

Angka tersebut yang tercatat di 32 RSUD yang ada di Jakarta. 

Untuk ruangan HCU yang ketersediaannya mencapai 41 tempat tidur, dengan perincian Jakarta Pusat 10 tempat tidur, Jakarta Utara 3 tempat tidur, Jakarta Selatan 9 tempat tidur, Jakarta Timur 9 tempat tidur, Jakarta Barat 10 tempat tidur.

Sementara itu untuk ruangan ICU ketersediaan mencapai 11 tempat tidur, dengan perincian Jakarta Selatan 10 tempat tidur, dan Jakarta Timur 1 tempat tidur.

Sementara itu, untuk ruangan ICCU ketersediaan mencapai 12 tempat tidur, dengan perincian Jakarta Pusat 5 tempat tidur, Jakarta Utara 6 tempat tidur dan Jakarta Selatan 1 tempat tidur.

Terakhir, ketersediaan ruang isolasi yang dibutuhkan untuk menampung pasien covid-19 tersedia 171 tempat tidur dengan perincian 

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam mengungkapkan dari ketersediaan ICU dan ICCU itu juga harus dicek apakah bisa menampung untuk pasien kasus covid-19.

Dia juga mengkhawatirkan kasus akan terus naik jika law enforcement tidak efektif.

"PSBB di DKI diperpanjang kalau tanpa law enforcement tidak akan efektif," ujarnya.

Jumlah pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta bertambah 621 orang per Kamis (13/8/2020). Sehingga jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta hingga kemarin adalah 27.863 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top